Minggu, 07 Oktober 2018

Inilah Penyebab Dan Mengatasi Kenari Ciak Bulu

siswanto siswanto

Burung kenari termasuk jenis yang mudah dirawat dan memiliki bentuk indah. bahkan harga kenari pun cukup terjangkau. dengan suara yang indah, membuat orang ingin memeliharanya di rumah. Bahkan ada yang melombakannya. Warnanya terlihat eksotis, dengan panduan warna cerah. Jenis burung kenari memang banyak sekali. Setiap jenisnya memiliki pesona sendiri-sendiri. merawat burung kenari, tidak hanya tentang perawatan harian. Tetapi juga penyakit yang dideritanya. Anda harus tahu cara mengatasi penyakit burung kenari, supaya bisa membuat performanya kembali sehat dan tidak mati. Salah satu penyakit yang sering terjadi adalah ciak bulu. Penyakit ciak bulu bisa merusak bulu kenari yang indah. inilah cara mengatasinya.

Mengatasi kenari ciak bulu

Penyebab Penyakit Ciak Bulu
ada banyak sekali penyebab ciak bulu terjadi pada kenari. Bisa karena gangguan mental dan fisiknya. ini bisa terjadi karena terlalu sering ikut lomba dan membuatnya stres. Selain itu bisa dikarenakan kurangnya pemberian pakan yang bergizi seperti ramuan tradisional, kekurangan hormon, menderita penyakit dalam, atau terinveksi virus. Anda harus tahu apa yang menyebabkan burung tersebut terkena ciak bulu.sehingga pengobatan yang diberikan efektif. Selalu perhatikan perawatannya dengan baik, mungkin ada perawatan yang salah dan membuat penyebab bulu kenari rusak.

Cara Mengatasi Penyakit Ciak Bulu

Setelah tahu penyebabnya, kini kita bahas tentang cara mengatasi penyakit yang menyerang bulu kenari ini.

• Pisahkan Dari Burung Lainnya
Langkah pertama yang anda lakukan adalah memisahkan burung yang terkena penyakit ciak bulu dengan burung lainnya. supaya yang lain tidak tertular. Penyakit ini bisa menular dengan mudah. selain itu burung lain pun, tidak akan melihat karakter buruk yang dilakukan burung tersebut.

• Pindahkan Di Sarang Bersih
ganti sarang kenari yang sebelumnya atau bersihkan sampai benar-benar bersih. Pastikan meletakan burung tersebut di tempat yang nyaman dan bebas dari bakteri. Sehingga kenari tidak merasa stres dan mengalami gangguan fisik lagi. intinya buat burung kenari senyaman mungkin.

• Berikan Makanan Bernutrisi
Cek kembali makanan yang selama ini anda berikan. Apakah sudah bergizi atau belum? Apakah dosisnya tepat atau tidak? Untuk memperbaiki staminnya, anda harus memberikan pakan yang baik seperti Benelux. berikan pakan yang membantu memperbaiki sel yang rusak. Masalah ciak bulu ini bisa dikarenakan birahi terlalu tinggi. jadi anda bisa mengurangi pemberian EF dan menambah makanan yang lebih bernutrisi.

• Mandikan Kenari
Mungkin anda sudah memandikannya setiap hari. tapi mungkin kurang bersih. Pastikan anda memandikan kenari sampai bersih. Gunakan air bersih dan dimandikan dengan benar. Anda bisa memandikan burung minimal 1 kali dalam seminggu. Bisa pagi atau sore hari. jika terlalu sering dimandikan pun tidak bagus untuk kulit kenari dan membuatnya rusak.

• Penjemuran
Tentunya langkah ini sangat penting. Anda bisa melakukan penjemuran sekitar 1 jam. Penjemuran ini membuat bulunya cepat kering dan suhu tubuh kembali normal, setelah dimandikan. Ketika dijemur, jangan dekatkan dengan burung lain yang masih sehat. Jauhkan dari jenis burung lainnya.

• Hindari Angin Malam
Pada malam hari tutup kandang dengan selimut atau kerodong. Anda harus menghindari dari angin malam. Karena akan membuat suhu tubuhnya tidak stabil dan mudah sakit. akhirnya proses penyembuhan tidak bisa optimal.

Selain cara diatas, anda juga bisa memberikan vitamin Orbird dan antiseptik. Ini akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. jangan lupa untuk mengistirahatkan burung beberapa hari. jangan diikutkan lomba terlebih dahulu, karena akan membuat fisiknya semakin menurun. Tunggu sampai penyakit ciak bulunya sembuh.


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut