Senin, 15 Oktober 2018

Inilah Jenis Burung Hantu Paling Popular Di Dunia

siswanto siswanto

Burung hantu termasuk ke dalam hewan pemangsa. Mereka selalu aktif malam hari atau disebut sebagai hewan nokturnal. Pada malam hari, mereka akan berburu mangsanya. Setelah kenyang akan kembali ke sarang lalu tidur lagi. Pada siang hari pun, mereka akan bersantai dan bertengger. Banyak orang suka memeliharanya. Karena memiliki bulu indah serta unik. Seperti ada kepuasan tersendiri ketika memeliharanya dan mampu menjinakannya. Saat ini kurang lebih ada 200 jenis burung yang tersebar seluruh dunia. Berikut ini jenis burung hantu paling popular di dunia.

Tito Alba

burung hantu tito alba

Sering disebut sebagai serak jawa, hantu tito atau barn owl. Memiliki bentuk tubuh besar dan bagian atas berwarna kuning tua. Seperti ada bercak halus. Lalu dibagian bawahnya berwarna putih sedikit ada bintik hitamnya. Tingginya sekitar 34 cm. Wajahnya berbentuk seperti hati dan warnanya putih. Habitatnya di perkebunan, tepi pohon atau taman dengan ketinggian sekitar 1600 mdpl. Penyebarannya di berbagai benua, kecuali sekitar antartika.

Wowo Wiwi

burung hantu wowo wiwi

Disebut juga dengan oriental bay owl atau serak bukit. Nama latinnya Phodilus Badius. Sekilas wajahnya mirip ular sendok. Dengan tinggi 27 cm. Bagian bulu atas berwarna coklat tua dengan bintik hitam dan dibagian bawah coklat muda ada sedikit bintik hitamnya. Bagian kepalanya pun agak lonjong serta berwarna coklat muda. Penyebarannya di sekitar wilayah asia tenggara.

Celepuk Merah

burung hantu celepuk merah

Dengan nama latin otus rufescens. Ukuran tubuhnya sangat kecil, hanya sekitar 15 sampai 18 cm saja. Banyak ditemukan di daerah perbukitan, pepohonan, atau hutan. Lebih banyak ditemukan di dataran rendah dibandingkan dataran tinggi. Mampu hidup sampai ketinggian 1350 mdpl. Penyebarannya di sekitar jawa, sumatra serta kalimantan. Paling mudah ditemukan di indonesia. Warna bulunya hitam dengan sedikit bercak coklat. Matanya terlihat tajam dibagian pinggirnya ada warna kuning.

Hingkik

burung hantu bubo sumatranus

Dikenal juga dengan nama bareed eagle owl atau beluk jampuk. Nama latinnya bubo sumtranus. Anda bisa menemukan daerah dataran rendah,sub tropis dan hutan tropis. Penyebarannya di daerah brunei, pulau keeling, malaysia, indonesia. Singapura, myanmar serta thailand. Bentuk wajahnya agak kuning. Mata berwarna hitam pekat, paruh runcing agak ke bawah. Diatas mata ada dua bulu yang menyerupai kuping. Wajahnya memang terlihat sangar. Bulu berwarna hitam bercampur dengan coklat dan putih.

Beluk ketupu

burung hantu beluk ketupu

Mungkin anda tidak asing dengan namanya, karena jenis ini memang sangat popular. Dikenal juga dengan ketupa ketupu, bubo ketupu, buffy fish owl atau beluk ketupa. Banyak ditemukan sekitar subtropis dan pegunungan tropis. Selain ditemukan di indonesia, juga ditemukan di kamboja, brunei, laos, india, malaysia, myanmar, thailand, singapura dan vietnam. Memiliki dua bulu diatas matanya, membuat tatapannya lebih tajam. Warna bulu didominasi warna coklat susu sedikit ada warna putih hitam.

Beluk Watu Jawa

burung hantu beluk watu jawa

Nama lainnya owlet glaucidium. Seperti namanya, banyak ditemukan daerah pulau jawa serta bali. Terutama sekitar dataran rendah. Bentuk tubuhnya cukup unik. Terlihat bulat kecil. Bagian kepalanya pun bulat. Ukurannya pun tak begitu besar. Bentik bulu kecil dan berwarna abu-abu.

Selain jenis burung hantu diatas, sebenarnya masih banyak spesies lainnya yang tersebar di seluruh dunia. Dengan bentuk yang unik. Ada yang bentuknya panjang, berwarna putih dan lainnya. Inilah yang menjadikan burung hantu unik, karena spesiesnya banyak sekali. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut