Selasa, 09 Oktober 2018

Harga Burung Hantu Celepuk Termurah dan Paling Banyak Diminati

siswanto siswanto

Meskipun termasuk hewan pemangsa yang terkenal cukup kejam karena sering memangsa binatang lain, burung hantu justru sering menjadi koleksi dan ladang bisnis. Burung yang memiliki penglihatan dan pendengaran tajam ini bisa terbang dan mengepakkan sayap tanpa suara sedikitpun. Namun ketika berkicau, suaranya sangat melengking hingga terdengar dari kejauhan. Berbicara masalah burung hantu, ada banyak sekali jenisnya. Yang paling murah adalah jenis celepuk. Lalu, berapa harga burung hantu celepuk? Karena harganya yang paling terjangkau, jenis ini pun menjadi yang paling digemari.

Burung hantu celepuk

Perbandingan Harga Burung Hantu Celepuk dengan Jenis Lainnya

Dibandingkan dengan jenis lainnya, jenis celepuk memang memiliki pasaran harga termurah. Umumnya, jenis burung hantu celepuk ini dibanderol dengan harga mulai dari 70 ribu rupiah. Untuk yang paling mahal, biasanya harganya mencapai 150 ribu rupiah saja. Apalagi harga burung celepuk anak yang tentu saja lebih murah, hanya sekitar Rp 50.000,. Bandingkan dengan jenis lainnya seperti oriental bay dengan harga sekitar Rp 300.000, strix seleputo yang harganya kurang lebih Rp 550.000, atau bahkan bubo sumatranus yang mana kalian harus merogo hkocek sekitar Rp 1.200.000, untuk membelinya.

Jenis-jenis Burung Hantu Celepuk di Indonesia

Burung hantu celepuk ternyata masih memiliki berbagai jenis. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 10 jenis yang bisa kalian temui. Yang pertama adalah celepuk wallacea yang hidup di hutan primer, hutan rusak, hutan sekunder, dan hutan-hutan di daerah dataran tinggi. Jenis kedua adalah celepuk mentawai di mana kalian bisa menemukannya di wilayah hutan hujan di dataran rendah dan hutan sekunder. Kemudian ada jenis celepuk biak yang hidupnya tinggal di hutan dataran tinggi dan juga rawa-rawa daerah Papua. Sayangnya, populasinya sudah terancam punah.

Lalu ada lagi celepuk enggano yang tubuhnya kecil mungil. Burung ini sering berada di tepian hutan dengan pepohonan tinggi. Meskipun belum terancam punah, namun statusnya hampir terancam sehingga perlu dilindungi. Yang kelima adalah celepuk siau dengan habitat di hutan lembab dan tepian hutan. Saat ini, populasinya sudah sangat kritis. Celepuk flores juga merupakan salah satu jenis yang masih ada di Indonesia. Ia biasa ditemukan di hutan-hutan di pegunungan Pulau Flores yang tingginya lebih dari 1000 mdpl. Jenis selanjutnya adalah celepuk sangihe dengan habitat di dataran rendah sampai tepi hutan khususnya di puncak gunung. Sampai saat ini, populasinya sudah cukup rendah.

Di kawasan hutan primer & sekunder, tepian hutan dan lahan pertanian yang pohonnya sedikit di Sulawesi, ada burung hantu celepuk Sulawesi. Ada juga celepuk Jawa yang bisa ditemukan di berbagai wilayah pulau Jawa. Habitatnya tidak tetap, namun umumnya di pepohonnan yang rindang. Yang terakhir adalah celepuk simalur dengan habitat di Pulau Simalur, barat laut lepas di pantai Sumatera. Harga burung hantu celepuk Jawa dengan jenis lainnya tentu saja erbeda-beda.

Tips Membeli Burung Hantu Celepuk

Jika kalian ingin membeli burung hantu cilepuk, pertama harus mengetahui ciri-cirinya sehingga bisa membedakan dengan jenis lain. Kemudian, pilihlah sesuai umurnya, apakah kalian ingin membeli anakan atau yang sudah dewasa. Terakhir, tentukan jenisnya karena di Indonesia sendiri ada setidaknya 10 jenis yang berbeda. Dengan harga burung hantu celepuk yang tergolong murah, rasanya tidak ada masalah untuk membelinya.(simak juga : Tips memelihara anak burung hantu)


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut