Jumat, 12 Oktober 2018

Foto Gambar Burung Cendrawasih Semua Jenis

siswanto siswanto

Cendrawasih disebut-sebut merupakan salah satu burung tercantik di dunia selain merak. Bulunya yang indah menjadi ciri khasnya. Namun, sayangnya keberadaannya semakin langka dan termasuk hewan yang dilindungi agar tidak punah. Burung ini hanya bisa ditemukan di beberapa daerah saja. Ingin tahu keindahan-keindahannya? Berikut foto gambar burung cendrawasih berdasarkan jenisnya.(lihat: jenis cendrawasih yang paling banyak diburu)

Burung Cendrawasih Kuning

Gambar cendrawasih

Jenis ini dibagi menjadi 2, yaitu cendrawasih kuning kecil dan besar. Mereka memiliki rupa yang sama, hanya saja ukuran yang membedakannya. Untuk cendrawasih kuning besar, ukurannya mencapai 43 cm atau bahkan bisa lebih besar. Warna kuning di ekornya menjadi ciri khas jenis ini.

Burung Cendrawasih Merah

Cendrawasih merah

Seperti yang bisa kita lihat dari foto burung cendrawasih ini, diberi nama demikian karena memang warnanya yang didominasi merah dari sayap hingga ekor, sedangkan kepala dan leher memiliki kombinasi warna. Salah satu ciri khasnya adalah 2 bulu seperti tali berwarna hitam di ekornya. Selain itu, ada juga jambul kecil yang mirip mahkota di kepalanya.

Burung Cendrawasih Parotia

Cendrawasih parotia

Meski tak punya bulu menjuntai layaknya kebanyakan cendrawasih, namun jenis ini punya warna gelap yang eksotis dipadukan dengan mata berwarna biru dan warna emas di dadanya. 3 helai bulu di ujung matanya menjadi ciri khas burung ini. kemudian, burung ini juga punya kelebihan khusus yaitu menari-nari saat menarik pasangan.

Burung Cendrawasih Panji

Cendrawasih panji

Seperti gambar burung cendrawasih yang kalian lihat, jenis ini memiliki ukuran tubuh yang relative kecil. Namun, kicauannya sungguh merdu didengar telinga. Pejantan dari jenis ini biasanya memiliki bulu yang lebih indah dibandingkan betinanya.

Burung Cendrawasih Botak

Cendrawasih botak

Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki kepala botak dan seperti mengenakan penutup kepala. Warna ujung kepalanya yang menyerupai penutup kepala tersebut menjadi ciri khas burung ini dan memiliki warna yang berbeda satu sama lain. warna bulu di tubuhnya pun juga bisa berbeda-beda.

Burung Cendrawasih Kerah

Cendrawasih kerah

Dinamakan demikian karena jenis cendrawasih ini punya bulu yang mirip dengan kerah di dadanya. Bulu indah inilah yang digunakan untuk menarik pasangan. Warna umumnya adalah hitam dan memiliki kerah warna biru yang mengkilap.(baca juga : Cara mengenal cendrawasih hitam)

Burung Cendrawasih Goldi

Cendrawasih goldi

Jenis ini ukurannya cukup besar, sekitar 33 cm. Dengan sulur ekor yang panjang nan indah berwarna cokelat jingga atau cokelat zaitun, cendrawasih ini terlihat begituelok baik bagi pasangannya maupun bagi kita yang melihatnya.

Burung Cendrawasih Mati Kawat

Cendrawasih mati kawat

Bulu yang menjulur seperti kawat membuat jenis ini diberi nama cendrawasih mati kawat. Burung ini selalu berpoligami. Artinya, setelah melakukan perkawainan dengan betina, ia kemudian mencari pasangan lain sementara betinanya mengurus anak-anak sendiri.

Burung Cendrawasih Raja

Cendrawasih raja

Selanjutnya adalah cendrawasih raja dengan warna merah menyala dipadukan dengan putih di bagian badan. Ciri khas dari burung ini adalah sayapnya yang bila dilebarkan membuat dirinya mirip dengan raja. Namun, ukurannya cukup kecil bila dibandingkan dengan jenis lainnya.

Burung Cendrawasih Ranggiana

Cendrawasih ranggina

Jenis ini bentuk dan warnanya mirip dengan burung cendrawasih kuning. Ia juga mempunyai bulu dengan warna cokelat jingga ataupun cokelat zaitun yang menghiasi tubuhnya. Ekornya yang menjuntai panjang sangat mempesona bagi kita yang melihatnya. Dari foto gambar burung cendrawasih di atas, kita bisa melihat betapa cantiknya burung-burung ini. Masih banyak lagi jenis lainnya dan kebanyakan cendrawasih bisa ditemukan di Papua.


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut