Selasa, 16 Oktober 2018

Fakta Menarik Tentang Burung Hantu Yang Mencengangkan

siswanto siswanto

Buat penggemar film harry potter, pasti tidak asing dengan yang namanya burung hantu. Di film harry potter, burung ini menjadi makhluk pengantar surat dan dimiliki oleh semua murid. Seperti namanya hewan ini sekilas terlihat menyeramkan dan selalu dikaitkan dengan hal berbau mitos atau mistis. Di indonesia burung penuh kemisteriusan ini identik dengan kemalangan atau kematian. Suatu hal yang memberikan hal buruk. Tapi banyak orang suka memeliharanya. Dijadikan hewan peliharaan, seperti spesies lainnya. Supaya lebih memahaminya. Inilah sedikit fakta menarik tentang burung aktif di malam hari ini.

Burung hantu

Burung Yang Bisa Berenang
Mungkin tidak banyak orang yang tahu, kalau hewan ini bisa berenang. Seorang fotografer bernama Steve Spitzer, pernah mengambil sebuah video di pantai loyola park, chicago, amerika. Di video itu terlihat seekor burung sedang menghindari serangan burung elang pemangsanya. Dia lebih memilih masuk ke dalam air dan berenang. Sampai terlepas dari kejaran mangsa dia.

Tidak Semuanya Aktif Di Malam Hari
Hewan memiliki leher bisa memutar ini, terkenal sebagai hewan nokturnal atau aktif di malam hari. Tetapi ternyata ada beberapa jenis burung hantu yang diurnal atau aktif di siang hari. Misalnya strix nebulosa, surnia ulula, dan glaucidium gnoma. Tapi memang populasinya sangat kecil. Karena sebagai besar, aktif malam harinya. Mereka akan mencari mangsa malam hari. Buat diurnal, mangsa mereka mamalia kecil atau burung penyanyi hidupnya di siang hari. Jadi otomatis, mereka menyamakan hidup para mangsanya.

Kehebatan Lehernya
Inilah yang membedakannya dengan jenis burung lainnya. Ada yang unik disini. Di bagian lehernya memiliki 14 vertebra dua kali lebih banyak dibandingkan manusia. Sehingga membuatnya bisa memutar kepala sampai 270 derajat. Hal ini bisa dilakukan karena tulang belakangnya memiliki lubang berukuran 10 kali lebih besar dibandingkan pembuluh darah hewan lainnya. Darah bisa sangat mudah melewati arteri. Walaupun lehernya menoleh. Ini juga menjadi salah satu kunci pertahanan mereka, karena burung tidak bisa menggerakkan matanya. Jadi untuk melihat harus memutar kepala.

Memiliki Mata Palsu
Matanya berwarna kuning cerah di bagian depan dan di bagian belakang terdapat bulu warna hitam yang menyeramkan menyerupai mata. Mata di bagian belakang ini, bisa menipu predator dari belakang. Tapi memang tidak semuanya, memiliki mata palsu ini. Hanya di jenis burung hantu kerdil utara saja yang bisa aktif di siang hari.

Bulu Burung Basah Terkena Air
Bulunya tidak waterproof, atau basah ketika terkena air. Inilah yang membuat dia jarang mencari mangsanya, ketika hujan deras. Bulu halus mereka bisa menyerap air dengan baik. Sehingga akan membuat tubuhnya semakin berat. Sedangkan bulu halusnya digunakan mereka untuk mempermudah dalam berburu mangsa.'

Mampu Terbang Jarak Jauh
Jenis bubo scandiacus tinggal di kutub utara, mampu terbang jauh ke arah selatan. Mereka mampu terbang yang jaraknya sampai 4800 km. Mereka berpindah untuk mencari tempat yang lebih baik. Ini berbeda dengan sifat spesies lain, suka berdiam diri dan jarang melakukan perjalanan jauh.

Ada banyak sekali hal harus anda ketahui tentang burung hantu. Jika mengenalnya dengan baik, anda akan lebih mudah merawatnya. Tahu seperti apa perilakunya dan apa yang harus dilakukan. Setiap jenisnya memiliki karakteristik berbeda. Sebelum merawatnya pun anda harus tahu tentang hal itu. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.(lihat: cara merawat burung hantu yang mudah)




0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut