Jumat, 05 Oktober 2018

Lakukan Hal Ini Kalau Cucak Ijo Mengeluarkan Suara Serak

siswanto siswanto

Cucak ijo sering mengalami serak. Jika hal ini terjadi, tentunya akan membuat pemiliknya bingung. Padahal cucak ijo termasuk burung yang memiliki suara merdu dan lantang. Dengan jambul yang tegak keatas. Ketika masalah suara serak terjadi, akan membuat performanya menurun. Anda pun akan langsung kalah dalam pertandingan. suara serak ini, bisa dikarenakan adanya lendir di tenggorokan, perawatan yang salah, kondisi sakit, infeksi saluran pernafasan, voer yang tidak cocok, dan masih banyak lainnya. anda memang harus tahu apa penyebabnya terlebih dahulu, supaya bisa diatasi dengan tepat. inilah cara mengatasi cucak ijo suara serak yang bisa anda lakukan.(simak juga : Cara merawat cucak ijo )

Cucak ijo mengeluarkan suara serak

Makanan Dan Minuman Yang Bersih
Pastikan anda memberikan makanan dan minuman yang bersih. Mungkin voer yang anda berikan salah atau kotor. Untuk mengatasinya bisa diberikan voer dicampur dengan kroto. Ini akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. cek juga air minum yang anda berikan. Ganti secara rutin. Jangan sampai kondisinya kotor. Karena bisa dijadikan sarang bakteri dan menginfeksi saluran pernafasan atau tenggorokan cucak ijo. Akan lebih baik untuk memberikan air mineral yang matang.

Berikan Obat E-Bodre
Jika suara seraknya sudah parah, anda bisa memberikan obat e-bodre, obat ini bisa dibeli di apotek atau toko perlengkapan burung. Obat ini digunakan untuk mengobati serak pada burung. Anda bisa meneteskan obatnya ke air minum. Anda juga bisa meneteskannya langsung ke mulut cucak ijo. Hati-hati, jangan sampai diberikan terlalu banyak. karena bisa membahayakan. Jadi harus sesuai dengan dosis yang diberikan.(baca juga : Kicau burung cucak ijo gacor juara)

Stop Dikasih EF Ulat Hongkong
Untuk sementara hentikan pemberian EF ulat hongkongnya. Cara mengatasi cucak ijo suara serak ini, yang sering dilupakan oleh banyak orang. ulat hongkong bisa membuat birahi burung semakin meningkat dan kondisinya semakin panas. Ketika burung dalam keadaan sakit atau tidak fit, tentunya anda harus menghindari hal ini. kalau tubuhnya semakin panas, dan suaranya semakin serak. Untuk penggantinya, anda bisa memberikan cacing tanah. Supaya tubuhnya semakin normal dan suaranya tidak serak lagi. pemberian Efnya pun harus tepat, jangan sampai terlalu banyak.

Konsumsi Madu
Madu tidak hanya baik untuk manusia. tetapi juga baik untuk burung. Madu akan membuat suara serak cucak ijo cepat sembuh. Anda bisa memberikan madu murni, tak perlu ditambah apapun. And abisa memberikanya langsung. Atau dioleskan pada jangkrik yang akan dimakan oleh burung. Jangkriknya harus dihilangkan bagian kepala dan kakinya terlebih dahulu. berikan madu secara rutin, sampai suara seraknya sembuh.

Kurangi Durasi Jemur
Kalau biasanya anda menjemur selama 1 sampai 2 jam, kurangi durasi penjemurannya. Anda hanya perlu menjemur sekitar 10 sampai 20 menit saja. kalau perlu tidak usah dijemur terlebih dahulu. salah satu penyebab suara serak adalah durasi penjemuran yang terlalu lama. Karena membuat performa burung menurun dan terlalu lama terkena panas. Apalagi anda menjemurnya dibawah terik matahari yang menyengat.

Jika semua cara diatas tidak berhasil, anda bisa membuat racikan daun sirih untuk menyembuhkannya. Siapkan daun sirih merah 3 lembar dan air. remas daun sirih dan rebus dengan 1 liter air. rebus sampai airnya berubah kecoklatan. Kemudian masukan ramuan tersebut ke botol spray. Ketika melakukan perawatan ini, pastikan burung jauh dari burung lainnya. anda tinggal menyemprotkan ke cucak ijo secara rutin. Itulah cara mengatasi cucak ijo suara serak.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut