Rabu, 24 Oktober 2018

Ciri Khusus Burung Hantu Yang Harus Anda Ketahui

siswanto siswanto

Meskipun burung hantu dikenal memiliki mitos yang mengerikan. Apalagi dianggap sebagai jelmaan setan atau pertanda dari kematian seseorang. Namun hewan ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga banyak para pecinta burung menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Nah, bagi anda yang belum begitu mengetahui mengenai hewan ini atau bahkan belum pernah melihatnya secara langsung dengan jelas. Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu ciri khususnya. Pada ulasan berikut ini akan dijelaskan tentang ciri khusus burung hantu dan fakta menarik tentang burung hantu Sehingga anggapan mengerikan atau menyeramkan dapat hilang dengan melihat keistimewaan dari hewan satu ini.

ciri khusus burung hantu

Beberapa Ciri Khusus Burung Hantu Baik Fisik Maupun Sifat

Jenis hewan ini memang aktif pada malam hari. Selain itu, bentuk wajah dengan kesan menyeramkan itu menjadikannya dipercayai sebagai mitos mengerikan. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman semakin maju. Spesies ini semakin dikenal dan banyak digemari. Bahkan sudah banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini karena spesies tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan keunikan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Terlebih lagi jenis burung hantu paling populer dari spesies atau hewan tersebut juga beragam. Lebih jelasnya dapat anda lihat pada ulasan berikut ini mengenai ciri khusus dari burung hantu. Sehingga anda dapat mengetahui keunikan pada jenis spesies ini.

• Bentuk Wajah
Ciri khusus pertama dapat dilihat dari bentuk wajahnya yang mana berbeda dari jenis burung lain. Wajahnya hampir mirip dengan bentuk wajah manusia dimana matanya menghadap kedepan. Hal tersebut membuatnya tampak menyeramkan. Beberapa jenis yang lain memiliki ciri bentuk wajah membentuk love. Namun sebagian besar spesies tersebut biasanya memiliki wajah seperti topeng.

• Paruh
Selanjutnya, keunikan dari hewan tersebut bisa dilihat pada bentuk paruhnya. Paruhnya membentuk bengkokan ke bawah. Selain itu juga tajam sehingga membuatnya lebih lincah dalam mencari mangsanya. Bukan hanya itu saja, terdapat bulu jambul juga pada bagian paruhnya dan lembut.

• Penglihatan
Ciri yang khusus lainnya terletak pada penglihatannya yang tajam. Jadi meskipun berada di tempat gelap, jenis burung tersebut dapat melihat dengan baik. Sehingga lebih mudah berburu mangsa. Selain itu kepalanya juga dapat berputar hingga 135 derajat. Meskipun penglihatannya tajam namun burung hantu justru mengalami rabun dekat. Sehingga apapun didepannya mungkin tidak bisa dilihat secara jelas.

• Bentuk Mata
Anggapan menyeramkan sebenarnya datang dari bentuk matanya yang besar, menonjol dan bulat. Tingkat fokus dari penglihatan matanya juga sangat baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan memburu mangsa.

• Perkembangbiakan
Dalam perkembangbiakannya, hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Telurnya berwarna putih dan cangkangnya keras. Telur tersebut dierami oleh sang betina di dalam sangkar.

• Ciri Sifat
Ciri khusus dari burung hantu selanjutnya adalah mengenai sifatnya. Salah satunya adalah sifat rakusnya yang memungkinkan untuk memakan sesama spesies yang kecil. Dalam perburuannya, burung hantu mampu menyembunyikan suara sayapnya sehingga tiba-tiba menerkam mangsanya. Kemampuan mensuplai darah ke bagian otak membuatnya mampu memutar leher secara ekstrim.

Itulah beberapa ciri khusus burung hantu yang dapat anda kenali. Dengan mengetahui ciri khususnya, maka anda akan lebih mengetahui banyak mengenai spesies tersebut. Terlebih lagi jika tertarik memeliharanya, sudah pasti sangat perlu mengetahui hal ini. Ada berbagai macam jenis dari hewan tersebut sehingga ciri fisiknya mungkin terdapat sedikit perbedaan. Seperti ukuran tubuhnya berbeda-beda. Ada beberapa jenis memiliki ukuran tubuh kecil hingga ukuran tubuh terbesar. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terutama bagi anda kaum awam mengenai jenis hewan tersebut dan ciri khusus yang merupakan keistimewaan serta keunikannya.(lihat juga : keistimewaan burung hantu bubo)


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut