Minggu, 21 Oktober 2018

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk Dengan Benar

siswanto siswanto

Memelihara burung hantu saat ini bukanlah hal yang asing lagi di kalangan masyarakat. Bagi sebagian orang dengan kepercayaan mitos menyeramkan mengenai hewan ini, mungkin masih aneh dengan hal tersebut. Namun kenyataannya terdapat banyak peminat untuk spesies ini. Ada berbagai macam jenis juga yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Salah satunya adalah celepuk. Celepuk adalah jenis yang cukup banyak dan mudah ditemui di Indonesia. Terlebih lagi kisaran harga burung hantu celepuk juga murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Nah, memelihara jenis satu ini juga diperlukan bekal pengetahuan tentunya. Oleh karena itu, dalam ulasan akan dijelaskan mengenai cara merawat burung hantu celepuk.

Burung hantu celepuk

Beberapa Cara Merawat Hantu Celepuk Dengan Benar

Merawat burung hantu bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk jenis ini sangat berbeda dengan lainnya. Ia juga mudah mengalami stress dan juga mati. Jika anda salah dalam cara merawatnya, maka bisa saja hal tersebut berdampak hingga tidak mau makan. Nah, sebelum mempelajari bagaimana cara untuk merawat burung hantu jenis celepuk dengan tepat. Anda perlu menentukan jenis burung hantu yang akan dipelihara. Setelah itu menerapkan bagaimana langkah tepatnya. Seperti jika anda memilih celepuk, maka ada beberapa langkah dan perlu diperhatikan agar sukses merawat dengan baik. Lebih jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah yang ada pada ulasan berikut ini.

• Manning
Langkah pertama adalah memperhatikan sistem yang akan dilakukan sebelum burung siap dilatih. Biasakan untuk BOP dengan glove dan juga handler. Berikan makanan dengan menggunakan tangan sesegera mungkin. Namun jangan sampai membuatnya kaget. Hal tersebut membiasakan burung untuk sering melihat pemiliknya. Dan ini sangat penting untuk dilakukan.

• Memandikan
Hewan ini dapat melakukan kegiatan mandi sendiri tanpa harus anda memandikannya. Biasanya itu akan dilakukan ketika cuaca hujan. Namun jika ingin memandikannya, bisa juga dilakukan. Hanya saja sebaiknya mengarahkannya ke tempat mandinya. Sehingga lama kelamaan hal tersebut akan menjadi kebiasaan. Asalkan jangan sampai basah kuyup.

• Weathering
Langkah selanjutnya untuk merawat dengan benar adalah menjemurnya agar dapat menikmati cuaca. Jika perlu letakkan pada tempat ramai, sehingga terbiasa dengan kehadiran manusia. Hal tersebut akan mengurangi rasa takutnya jika ada orang baru. Sehingga juga tidak mudah mengalami stress juga. Jadi dia akan terbiasa jika berada dikeramaian.

• Kandang
Perlu diingat bahwa memelihara burung satu ini sebaiknya tidak dikandangkan. Jika terpaksa dikandang pun harus didalam sangkar luas dan besar. Sehingga memiliki ruang gerak leluasa dan tidak menimbulkan stress. Hewan jenis ini sangat mudah mengalami stress sehingga sebaiknya dibiarkan di ruang terbuka saja. Paling penting adalah menyediakan tempat untuk bertengger.(lihat : kandang burung hantu)

• Makanan
Berikan makanan dengan kandungan protein serta gizi yang bagus. Jika ingin hewan peliharaan anda ini pintar, maka jangan biasakan untuk menyuapi. Berikan saja makanan di tempat makannya. Sehingga terbiasa makan dan minum sendiri. Jenis makanan diantaranya adalah jangkrik, cacing putih, kecoa. Sedangkan makanan biasa yang dapat diberikan adalah seperti tikus putih, burung emprit, ikan mas, dan daging ayam.(Lihat juga : Makanan burung hantu untuk semua spesies lengkap)

Itulah beberapa langkah mengenai cara merawat burung hantu celepuk yang benar. Untuk melatih jenis hewan ini juga diperlukan langkah seperti menunjukkan tangan ke arah burung hantu. Kemudian memberikan arahan atau aba-aba setelah itu tunjukkan makanannya. Anda juga dapat menunjukkan maksud lain jika ingin melatih hal lain. Dengan melihat beberapa cara untuk merawat burung hantu jenis celepuk diatas. Maka anda dapat segera menerapkan dan mempraktekannya. Semoga ulasan tersebut bisa memberikan informasi bermanfaat bagi anda.






0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut