Rabu, 17 Oktober 2018

Cara Memelihara Burung Hantu Yang Tepat Bagi Pemula

siswanto siswanto

Ada banyak sekali sebutan bagi burung hantu. Memiliki bahasa inggris owl atau disebut juga sebagai bird of prey. Di indonesia dinamakan hantu, karena selalu dikaitkan dengan hal kematian. Ketika ada hewan ini, pertanda ada makhluk halus di sekitarnya. Ketika melihat gambar burung hantu pun, akan terlihat begitu menyeramkan. Dia selalu aktif di malam hari. Ketika siang hari, akan lebih banyak tidur. Walaupun ada beberapa jenis yang diurnal. Walaupun ada banyak mitos yang beredar di masyarakat. Tapi masih banyak orang yang suka memeliharanya. Apalagi kalau dijual harga burung hantu ini sampai jutaan. Inilah cara memelihara yang benar bagi pemula.

Gambar burung hantu

Pelihara Yang Masih Anakan
Jika ingin memeliharanya, mulailah dari anakan. Karena mudah dijinakkan dan dilatih. Selain itu proses perawatannya pun lebih mudah. Proses makan belum terlalu besar. Hanya jenis serangga seperti jangkrik saja. Harganya pun masih tergolong murah. Kalau anda merawat indukan, kemungkinan melatihnya akan lebih sulit.(lihat : tips memelihara anak burung hantu)

Buat Tenggeran Yang Nyaman
Burung hantu sangat suka bertengger. Buatlah tempat senyaman mungkin, karena hewan ini mudah stres. Jika anda memasukkan didalam kandang terus. Lama-lama dia akan stres; selain itu dengan menggunakan tenggeran, akan lebih mudah menjinakannya. Kalau anda harus memasukkan didalam kandang burung hantu, pilihlah sangkar berukuran besar. Kalau terlalu kecil membuatnya semakin stres. Ada banyak sekali model tenggeran owl yang bisa anda buat. Bisa dari kayu, besi dan lainnya.

Butuh Kasih Sayang
Tak hanya manusia yang membutuhkan kasih sayang. Hewan pun membutuhkannya. Merawat hewan ini. Tentunya akan berbeda dengan burung lainnya. Hewan ini bisa menjadi liar atau akan jinak sekali. Jika ingin cepat menjinakannya, anda harus memberikan kasih sayang lebih kepadanya. Misalnya sering mengelus kepalanya dengan lembut. Kalau dia sudah terlihat nyaman, berarti proses penjinakannya berjalan lancar. Dia akan mudah mematuhi perintah anda.(lihat : cara menjinakan burung hantu)

Jangan Dijemur Bawah Matahari
Jangan pernah menjemurnya langsung dibawah terik matahari. Hewan ini merupakan hewan nokturnal atau hidup di malam hari. Dia akan mencari mangsanya ketika malam datang. Pada siang hari, hanya duduk termenung atau tidur. Kalau dia terkena panas, akan menganggu proses biologis ditubuhnya. Jadi kalau sudah mulai panas, letakkan ditempat yang teduh dan jangan dimandikan pada siang hari.

Matikan Lampu Di Malam Hari
Ketika malam hari, matikan lampu di sekitar kandang. Jika keadaannya terang, akan mengganggu aktivitasnya. Walaupun keadaan gelap, dia masih mampu melihat dengan jelas. Karena matanya memiliki kornea yang bisa melihat ditempat gelap sekalipun.

Beri Makanan Tepat
Jangan lupa untuk memberikan makanan yang tepat. Makanan untuk anakan dan indukan tentunya beda. Selain itu setiap jenis, punya makanan berbeda-beda. Anda harus tahu jenis peliharaan anda. Jangan pernah memberinya makanan dengan sembarangan. Hewan ini termasuk golongan karnivora atau pemakan daging. Pastikan makanannya mengandung gizi dan protein tinggi. Anda bisa memberikan jangkrik, ikan kecil ,tikus putih dan masih banyak lainnya.

Dalam memelihara burung hantu ini, memang harus diperhatikan dengan baik. Jika melihat di gambar burung hantu, anda akan melihat mereka jinak dengan manusia. Untuk memperolehnya, anda harus merawat dengan baik. Jadikan mereka seperti sahabat, lakukan dengan baik dan beri kasih sayang. Ini akan membantunya. Cepat jinak dan dekat dengan anda. Tentunya proses perawatan akan berbeda dengan burung kicauan, yang lebih mudah. Sekian, semoga bermanfaat.


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut