Kamis, 11 Oktober 2018

Burung Cendrawasih, 'Burung dari Surga' yang Semakin Langka

siswanto siswanto

Burung cendrawasih, banyak orang yang menyebutnya burung surga karena memang memiliki warna bulu yang elok. Burung ini juga identik dengan ekornya yang panjang dan sangat cantik. Tak heran jika banyak orang yang menginginkannya. Namun, sayangnya ia bukan burung yang mudah didapat. Selain karena sudah termasuk langka keberadaannya, harganya juga cukup mahal, bahkan untuk harga cendrawasih yang sudah mati dan diawetkan sekalipun. Keindahan burung ini hampir menyeluruh dari paruh hingga ujung ekornya. Jadi, memilikinya tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Cenderawasih burung surga

Ciri-ciri Burung Cendrawasih

Ciri khas burung cendrawasih dapat dilihat dari bulu-bulunya yang sangat indah khususnya burung jantan. Umumnya, mereka memiliki warna bulu yang cerah dengan kombinasi warna seperti ungu, hijau, biru, putih, kuning, oranye, kemerahan, cokelat dan hitam. Warna-warni bulunya adalah salah satu ciri yang paling mudah dikenali karena tak ada burung lain yang seindah cendrawasih. Untuk ukurannya, ada berbagai macam, mulai dari 15 cm hingga 110 cm. Beratnya juga berbeda-beda, dari mulai 50 gram sampai 430 gram. Perbedaan ukuran dan berat tergantung dari usia dan jenis cendrawasih itu sendiri.

Kemudian, cendrawasih jantan sering memamerkan keindahan bulu-bulunya kepada betinanya agar mereka tertarik dan mau diajak kawin. Hal ini sama seperti yang dilakukan merak. Bulu yang indah ditambah dengan tarian-tarian menarik sambil bergoyang dan bergelantungan membuat tingkah burung ini sangat lucu dan unik. Berbeda jenis cendrawasih memiliki tarian yang berbeda pula. Yang pasti, semua cendrawasih sangat menarik dipandang mata, khususnya cendrawasih jantan. Keindahan bulunya lah yang membuat harganya melambung tinggi. Jadi, tak heran jika banyak kolektor burung hias memburunya.

Jenis-jenis Burung Cendrawasih

Ada banyak jenis cendrawasih yang bisa kalian temukan. Salah satunya adalah burung cendrawasih raja.Ini merupakan jenis cendrawasih yang ukurannya tergolong kecil. Selain itu, ada juga cendrawasih paruh sabit hitam. Dinamakan demikian karena memiliki paruh yang berbentuk sabit dan berwarna hitam. Jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar dibanding dengan jenis pertama tadi. Lalu ada juga cendrawasih manukod jambul bergulung. Selain tubuhnya yang besar, jambulnya yang bergulung membuatnya semakin menarik dan unik. Dan masih banyak lagi jenis lainnya seperti cendrawasih kuning besar, cendrawasih biru,cendrawasih putih

Harga Burung Cendrawasih

Jika kalian tertarik dengan burung canik ini, berapa uang yang harus kamu keluarkan? Umumnya, burung ini dijual dalam dua kemungkinan. Yang pertama adalah cendrawasih hidup. Biasanya, mereka diperjual belikan saat sudah dewasa karena ketika kecil masih sangat rentan. Untuk cendrawasih yang dijual hidup, harganya mulai dari 3 juta rupiah. Namun, ada juga yang harganya mencapai hingga 10 juta rupiah. Lain halnya dengan yang sudah mati dan diawetkan, burung ini dibanderol dengan harga kurang lebih sekitar 5 jutaan rupiah. Namun begitu, burung yang sudah diawetkan ini juga terbukti banyak peminatnya.

Bulu Cendrawasih untuk Topi Wanita

Bulunya yang indah ternyata membuat nasib cendrawasih terancam punah. Banyak orang yang memburu dan membunuhnya untuk memanfaatkan bulu indahnya. Mereka membuat topi wanita ataupun fashion lainnya. Namun, itu terjadi di masa lalu. Karena jumlahnya yang semakin menurun, saat ini burung cendrawasih sudah dilindungi dan tidak boleh ada perburuan liar. Meski begitu, masih banyak yang memperjual belikannya. Apakah kalian juga tertarik? Jika tertarik, maka siapkan dulu maharnya yang cukup tinggi tersebut.(simak: Jenis cendrawsih yang paling banyak diburu)





0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut