Sabtu, 29 September 2018

Tips Ampuh Mengatasi Kaki Kenari Yang Bersisik

siswanto siswanto

Kaki bersisik atau berkerak ( scaly leg) merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh kenari. Kaki berkerak ini disebabkan oleh knemidokoptes pilae. Sejenis tungau kaki delapan dan masih satu family dengan kalajengking, laba-laba dan kutu. Memiliki ukuran sangat kecil dan tidak bisa dilihat mata telanjang. Jika bagian kaki kenari bersisik, tentunya akan mengganggu penampilannya. Banyak yang mengatakan bahwa kaki bersisik tandanya kenari sudah tua, padahal hal itu salah. Penyebabnya bisa dikarenakan ukuran sangkar terlalu kecil. terlalu sering bertengger, jarang dimandikan,kurang gizi dan sangkar kosong. Inilah beberapa cara mengatasi kaki kenari bersisik paling ampuh.
Simak Juga : Cara Memandikan Burung Kenari Yang Baik

Kenari bersisik

Mencuci Dengan Air

Tanggaplah burung kenari di kandang dengan hati-hati. pastikan dia nyaman berada di genggaman anda dan tidak memberontak. Kemudian cuci bagian kaki yang bersisik. Gunakan air hangat untuk membasuhnya. Lakukan pencucian dengan hati-hati. sehingga burung tidak akan memberontak dan tetap tenang berada digenggaman anda.

Kelupas Bagian Yang Bersisik

Kelupas bagian kulit yang bersisik dengan hati-hati. mencuci dengan air berfungsi untuk membuat kulit burung agak lunak. Sehingga anda lebih mudah untuk mengelupasnya. Lakukan pengelupasan sedikit demi sedikit dan hati-hati. karena akan membuat burung terasa perih. Kalau kurang lunak, bisa dibasahi dengan air hangat lagi. sehingga anda lebih mudah untuk mengelupas kulit yang bersisik.

Berikan Obat Antiseptik

Jika semua kulit yang bersisik sudah hilang, berikan obat antiseptik dibagian kulit yang bersisik. Anda bisa meletakan obat antiseptik di air hangat kemudian rendam kaki kenari didalamnya. Anda bisa memakai revanol untuk obat antiseptik yang paling ampuh. Dengan pemberian antiseptik, akan membantu luka cepat sembuh dan sisiknya hilang. Selain itu bakteri yang menyebabkan kaki bersisik akan hilang.

Keringkan Dengan Tisu

Cara mengatasi kaki kenari bersisik selanjutnya dengan mengeringkannya dengan tisu. Setelah kaki direndam dengan antiseptik, keringkan dengan memakai tisu. Anda juga bisa memakai kain yang bersih. Pastikan benar-benar kering dan sudah tidak ada bagian kaki yang bersisik lagi.

Oleskan Bio Clean

Bio clean merupakan salep untuk membantu mengobati kaki bersisik pada kenari. Dengan dioleskan salep ini, akan membuat luka cepet kering dan jamurnya hilang. Anda bisa membeli salep ini di apotek atau toko perlengkapan burung. Oleskan sedikit dibagian kakinya dan biarkan sampai kering. Selain memakai bio clean, anda juga bisa memakai minyak tawon atau minyak tanah. Ini fungsinya hampir sama dengan bio clean, untuk membantu proses penyembuhan lebih optimal. Anda bisa mengoleskan salep 88. Sehingga jamur dan bakteri yang menyebabkan kaki bersisik akan cepat hilang.

Dikarantina 2 Hari

Jika sudah dibersihkan, karantina burung kenari sekitar 2 hari. selama 2 hari ini, kenari tidak boleh dimandikan. Supaya obat yang anda berikan bisa berfungsi dengan baik. jika sudah 2 hari barulah dimandikan lagi. mandikan dengan memakai air hangat.gunakan tisu atau kain kering untuk mengeringkannya.

Kaki bersisik sembuh jika sudah tidak terlihat sisik sama sekali dibagian kakinya. Selain itu burung terlihat lebih ceria dan berbeda dari sebelumnya.jika kaki bersisik sudah sembuh, anda harus menjaga kesehatannya dengan baik. karena resiko terkena jamurnya lagi lebih besar. lihat kandangnya. Pastikan berukuran pas dan selalu bersih. Selain itu beri nutrisi yang baik dan mandikan teratur. Itulah beberapa cara mengatasi kaki kenari bersisik. Semoga memberikan info yang bermanfaat buat anda.
Baca juga : Berbagai Macam Jenis penyakit Yang Menyerang Kenari

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut