Minggu, 04 Maret 2018

Jenis Burung Cendrawasih Yang Paling Banyak Diburu

siswanto siswanto

Burung cendrawasih adalah burung unggulan ketimbang aves lainnya. Hal ini pastinya terletak pada keanggunan, keelokan, dan kemerduannya. Kita dapat menjumpai burung ini hidup bebas di Indonesia bagian Timur atau area sekitar selat Tores. Menurut berbagai sumber, Indonesia mempunyai 30 jenis burung cendrawasih, namun baru 13 dikenal dunia. Boleh dibilang, Indonesia merupakan habitat terbesar bagi jenis burung ini. DI dunia, terdapat 43 spesies, lebih dari separuhnya tinggal di area Indonesia.

gambar cendrawasih

Burung ini mempunyai ukuran yang tidak begitu besar, bahkan boleh dibilang kecil. Untuk ukuran terbesarnya saja hanya 110 cm dengan berat 430. Adapun ukuran terkecil di angka 15 cm serta berat 50 gr. Namun, jangan salah, burung ini mempunyai daya jual sangat tinggi di pasaran baik dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan. Maklum saja, burung satu ini dianggap sebagai burung surga bagi siapapun saat melihatnya. Terutama pada pejantan, ia mempunyai kelokan warna bulu. Ia gunakan sebagai daya pikat saat musim kawin. Dengan gaya kompleks dan rumit saat menari, ia melenggok layaknya seorang penari handal. Hal tersebut berlaku untuk semua jenisnya.

Kuning Kecil dan Besar
Kemungkinan besar, ini adalah sekian dari jenis-jenis cendrawasih paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Ikon Papua ini sempat menghiasi salah satu mata uang logam Indonesia. Hal lain, banyak poster menunjukkan bahwa cendrawasih adalah Kuning Kecil. Selain itu, ia juga mempunyai saudara yang tidak jauh berbeda rupa. Ia mempunyai anatomi yang mirip baik juntaian ekornya berwarna keemasan dan putih. Satu hal sebagai pembeda hanyalah ukurannya lebih besar dengan panjang 43 cm.

Cendrawasih Mati Kawat
Keunikan dari burung ini terletak pada ekornya yang berbeda jauh dengan jenis lainnya. Selain ekor sebagai pengendali saat akan terbang dan hendak bertengger, ekornya mempunyai beberapa helai bulu panjang seperti kawat. Satwa ini sendiri berukuran 33 cm dan dilengkapi dengan pesona bulu hitam hampir sekujur tubuh, termasuk paruh. Sisanya hanyalah perut berwarna kuning. Spesial untuk jenis ini, kita hanya dapat menemukannya di dataran rendah pulau Irian.

Cendrawasih Kerah
Burung ini mempunyai nama latin Lophorina superb. Disebut demikian karena spesies burung cendrawasih mempunyai hiasan berwarna biru kehitaman yang sedikit mengkilat pada lehernya. Tampak seperti kerah bagi manusia. Uniknya, jantan mempunyai porsi keindahan yang lebih terutama pada kepalanya yang ditumbuhi oleh bulu serupa mahkota. Untuk jenis ini, kita dapat menemukannya hampir seantero pulau Irian baik hutan hujan maupun tropis.

Parotia
Ia mempunyai karakteristik sama dengan lainnya. Juntaian bulu dan gemerlap warna. Namun, terdapat keunikan yang membedakannya secara signifikan dengan satwa lain sejenisnya. Sekujur tubuhnya hampir semua berwarna hitam mengkilat. Khusus area dada, ia ditumbuhi warna silver redup yang akan mengkilat apabila terpapar cahaya matahari. Selain itu, matanya tampak kontras dengan warna biru tua. Khusus pada bagian kepala, ia berhias tiga helai bulu tumbuh diujung matanya.

Ranggiana
Pada jenis burung cendrawasih ini, ia mempunyai karakteristik serupa dengan kuning kecil dan besar. Hanya saja, perbedaan menonjol pada area warna ekor yang berwarna merah. Dominasi warna tubuh lebih banyak berwarna coklat jingga dan zaitun. Banyaknya habitat tersebut sesuai dengan tanah Indonesia merupakan keistimewaan tersendiri. selain dijadikan studi oleh bangsa asing, keberadaan 'satwa surga' tersebut juga menjadi salah satu daya pikat wisata alam terbaik dunia.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut