Kamis, 08 Maret 2018

Cenderawasih Raja, Si Permata Hidup Dari Timur

siswanto siswanto

Keindahan alam wilayah papua memang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Tidak hanya pada pemandangan alamnya saja, keindahan flora dan faunanya juga sangat beragam. Salah satu fauna khas dan menjadi maskot dari daerah papua adalah burung cenderawasih. Kita mengenal burung cenderawasih sebagai burung dengan keindahan bulunya dan ternyata, ada banyak jenis spesies dari cenderawasih sendiri. Salah satu spesies yang unik adalah cenderawasih raja. Jenis ini memiliki tampilan beda dari lainnya tentunya dan pada kesempatan ini, mari kita ulas berbagai hal mengenai spesies satu ini.

cendrawasih raja

Spesies cenderawasih raja adalah spesies cenderawasih terkecil diantara lainnya. Biasanya kita melihat cenderawasih dengan ukuran yang cukup besar yaitu seperti Cendrawasih kuning besar, namun jenis ini memiliki ukuran sebesar 16 cm dan tentunya terbayang sudah seberapa kecilnya burung tersebut. Walaupun kecil, keindahan jenis tersebut tidak perlu diragukan. Keindahannya membuat orang inggris menyebutnya sebagai living gem atau permata hidup karena kecil, indah, dan hidup tentunya. Spesies ini merupakan spesies pemakan buah serta atropod guna bertahan hidup. Berikut adalah ciri khas dari burung kecil nan indah di tas.(Baca juga: makanan burung cendrawasih sebagai penguat warna)

Ciri Khas Burung Cenderawasih Raja
Adapun beberapa hal berbeda terdapat pada burung cenderawasih satu ini. Berikut merupakan perbedaan milik permata hidup ini.

1. Bagian mencolok dari spesies raja adalah kakinya. Kaki burung ini berwarna biru terang agak gelap memberikan kesan indah dan mulia bagi burung ini. Tidak salah jika nama raja diberikan padanya

2. Pada bagian badan, biasanya keseluruhan bulu punggung sampai kepala akan berwarna merah tua terang. Pada bagian dada sampai ekor bagian bawah, warna putih adalah warna dominanya

3. Paruh raja cenderung kecil berwarna kuning

4. Bagian dalam sayap memiliki warna hijau zamrut pada bagian ujung dan bagian tengah sampai pangkal sayap berwarna abu-abu.

5. Seperti halnya burung cenderawasih lainnya, ekornya akan dihiasi oleh dua bulu Panjang hitam dengan ujung yang melingkar dan bercorak indah.

Selain itu, ada juga perbedaan antara pejantan dan betina dari jenis cenderawasih raja di atas. Perbedaannya adalah:
1. Perbedaan bulu bagian bawah betina dimana betina memiliki warna coklat dan bergaris-garis.

2. Penampilan pejantan lebih cenderung berwarna merah tua terang dan putih serta kakinya cenderung biru terang.

Habitat Burung Cenderawasih Raja
Habitat atau lingkungan hidup dari jenis ini cukup beragam. Hampir di seluruh tanah papua terdapat jenis ini. Karena tingkat perkembang biakan yang tinggi dan kemampuan menyesuaikan diri yang baik, spesies raja dapat bertahan lama dari gerusan perubahan lingkungan. Umumnya di setiap daerah baik dataran rendah atau tinggi bisa ditemui jenis ini. Salah satu hal menarik dari spesies cenderawasih juga dimiliki oleh spesies ini. Hal unik tersebut adalah tarian pemikat dimana burung jantan akan melakukan tarian dengan memamerkan keindahan bulunya guna menarik perhatian sang betina. Jika ada betina yang tertarik, betina akan mendekati sang jantan dan kemudian pejantan akan membuahinya.(Baca juga: cara mengenal cendrawasih hitam)

Sekilas pengetahuan tentang cenderawasih raja tentunya akan menambah wawasan kita terhadap burung nusantara. Meskipun cukup banyak di papua, namun kita perlu menjaga keberadaan burung tersebut karena mereka tidak mampu berkembang biak di tempat lain selain papua. Maka dari itu, peran dari warga serta pihak di lingkungan habitatnya perlu ditingkatkan agar spesies raja tidak punah karena fauna di atas juga salah satu kekayaan Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut