Kamis, 08 Maret 2018

Cenderawasih Putih, Burung Surga di Bumi Indonesia

siswanto siswanto

Cenderawasih merupakan burung indah yang berasal dari timur Indonesia. Predikat burung tercantik di Indonesia memang disandang oleh spesies ini. Spesies tersebut semakin indah dengan macam jenisnya yang memang memukau mata kita. Berikut, kita akan berbincang sedikit tentang salah satu spesies yang sangat indah, yaitu jenis cenderawasih putih. Jenis spesies tersebut tentunya memiliki perbedaan dari jenis lainnya. Namun sebelum membahas lebih dalam mengenai ciri khas, mari kita berbincang terlebih dahulu mengenai kehidupan dari spesies cenderawasih ini. Berikut adalah ulasan mengenai kehidupan dari cenderawasih ini.(baca juga: Jenis cendrawasih yang paling banyak diburu)

cendrawasih putih

Spesimen Cenderawasih Putih
Burung cenderawasih putih sendiri sering disebut sebagai burung surga dengan nama latin Paradisaea. Untuk cenderawasih putih sendiri dimasukkan kedalam golongan lesser bird of paradise dimana keindahannya masih di bawah beberapa jenis cenderawasih lainnya seperti halnya dengan cendrawasih hitam menurut para pengamat burung. Meski di bawah, namun keindahannya sudah memanjakan mata kita tentunya. Burung ini bertahan hidup dengan memakan buah serta serangga ataupun ulat. Karena itu, kebanyakan habitatnya akan cenderung di daerah hutan hujan dimana ketersediaan makanan cendrawasih cukup melimpah. Dari segi ukuran, spesies putih biasanya berukuran 32 cm dengan ekor yang Panjang.

Hal menarik dari cenderawasih ini adalah ritual perkawinannya. Karena keindahan dari bulunya, untuk memikat pasangan, burung ini akan berlomba dengan melakukan tarian guna memperlihatkan keindahan dari bulu-bulunya. Selain itu, sifat dari pejantan juga unik. Biasanya setelah kawin, pasangan burung akan menjaga telur mereka Bersama. Namun cenderawasih cenderung bersifat poligami dimana setelah kawin, pejantan akan mencari betina lainnya lagi untuk dikawini. Terkadang mereka juga akan kawin dengan jenis lain yang seukuran sehingga menghasilkan hibrida berbeda. Pada saat bertelur, telur mereka tidak terlalu banyak. Biasnya telur yang muncul berkisar 2-3 butir telur. Meski telurnya sedikit, namun hewan ini cenderung mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga dapat ditemukan hampir di seluruh pulau papua.

Ciri Khas Cenderawasih Putih
Karena dimasukkan kedalam jenis sendiri, tentunya ada beberapa ciri khas cenderawasih putih yang membedakan dari jenis lainnya. Berikut adalah perbedaan terdapat pada jenis putih ini:

1. Ciri khas mencolok pertama dalam jenis putih ini adalah ekornya yang berwarna putih. Ekor dari jenis lainnya biasanya hadir dengan warna-warni namun untuk jenis kuning, ekornya juga akan memiliki ekor putih
2. Pada bagian sekitar leher, spesies putih memiliki warna kehijauan mengkilat yang menyerupai warna zamrud
3. Ekor Panjang dan melingkar pada bagian ekor tidak ada dan ekor tersebut berbentuk putih Panjang dan cukup lebat
4. Paruh burung cenderung lebar berwarna hitam atau biru gelap

Selain itu, untuk jenis jantan dan betina, tentunya ada perbedaan pula. Perbedaan terlihat dari kedua jenis tersebut pertama terletak pada bagian ukuran. Betina memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan pejantan. Untuk ukuran ekor, jantan juga memiliki ekor lebih Panjang. Bagian kepala betina memiliki warna cenderung kecoklatan dan pada bagian dada tidak memiliki banyak warna hiasan seperti pejantan.

Nama burung surga tentu bukan bualan belaka karena memang cenderawasih sangat indah dimata. Khususnya untuk cenderawasih putih, meski tergolong rendah dalam keindahan dibanding spesies lainnya, namun keelokanya tetap menarik mata. Sebagai warga Indonesia, sebaiknya kita ikut menjaga kelestarianya agar kelangsungan hidup cenderawasih lebih terjamin. Dengan begitu, spesies ini yang merupakan jenis khas Indonesia tetap menjadi salah satu keindahan nusantara yang tidak bisa disaingi oleh negara lainnya.(Baca juga: Ciri cendrawasih dari tiga anatomi)

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut