Jumat, 09 Maret 2018

Cenderawasih Biru, Keindahan yang Hampir Musnah

siswanto siswanto

Burung merupakan salah satu spesies hewan yang sangat beragam variasinya. Mulai dari ukuran kecil sampai besar atau dari penampilan biasa sampai menarik dan dipenuhi warna. Kebanyakan burung yang menarik perhatian banyak orang adalah burung berwarna seperti cenderawasih putih,cenderawasih kuning burung berwarna serta indah dipandang adalah burung cenderawasih. Cenderawasih sendiri memiliki banyak sekali jenisnya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang burung cenderawasih yang sudah hampir punah. Jenis dari burung hampir punah ini adalah cenderawasih biru. Dari penampilan, hal mencolok dari jenis biru tentunya adalah corak biru pada bulu mereka. Berikut kita ulas lebih dalam tentang spesies biru.(Baca juga: jenis cendrawasih yang paling banyak diburu)

cendrawasih biru

Habitat Cenderawasih Biru
Seperti jenis lainnya, cenderawasih hanya bisa ditemui di area Indonesia bagian timur, khususnya daerah Papua. Spesies di atas memang berasal dan merupakan hewan khas papua. Habitatnya sendiri memang istimewa. Hewan ini hanya dapat ditemui di area pegunungan saja. Ketinggian dimana anda bisa menemukan jenis biru ini berada sekitar 1.400 sampai 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, kebanyakan spesies juga hanya terdapat di area papua nugini. Sangat jarang sekali bisa ditemukan sekitar area papua bagian Indonesia dan itupun terkadang berada sekitar area perbatasan.

Ciri-Ciri Burung Cenderawasih Biru
Sering kita menemui jenis cenderawasih dan tentunya kebanyakan dari spesies mereka memiliki warna yang menarik. Cara membedakan jenis ini dengan lainya tentunya dari ciri khas yang hadir pada spesies biru. Berikut merupakan beberapa ciri khas cenderawasih biru:

1. Paruh berwarna putih kebiru biruan
2. Terdapat warna hitam serta biru di badan
3. Warna kak abu-abu
4. Di area mata, ada dua buah setengah lingkaran berwarna putih
5. Iris mata memiliki warna coklat tua
6. Bagian sayap memiliki warna biru yang cenderung terang

Salah satu hal unik pada spesies cenderawasih warna biru maupun lainnya adalah bagaimana mereka berkembang biak. Seperti jenis burung lainnya,(simak juga: cendrawasih hitam) mereka berkembang biak dengan bertelur, namun proses pemikatan pasangannya lah yang unik. Spesies cenderawasih memikat lawan jenisnya dengan cara menari. Mereka akan menari menunjukan keindahan bulu mereka guna menarik sang betina. Tarian akan dilakukan sendiri dan tidak berkelompok sehingga betina akan datang kepada sang jantan jika tertarik. Uniknya lagi, sang jantan bukan tipe setia, namun cenderung tipe poligami. Setelah membuahi satu betina, sang jantan akan pergi dan mencari betina lagi. Adapun beberapa cara membedakan penampilan antara betina dan jantan.

Ciri Khas Cenderawasih Jantan
Jenis jantan dapat dibedakan dari beberapa ciri:
1. Pejantan memiliki ciri dari sisi bulu jumpai di sisi dada dimana bulu tersebut akan berwarna coklat jika dilihat dari bawah.
2. Pada bagian ekor terdapat dua bulu seperti tali Panjang dan berwarna hitam. Pada ujungnya membulat disertai warna biru.
3. Bagian dada burung akan memiliki lingkaran oval berwarna hitam dan tepinya berwarna merah.

Ciri Khas Cenderawasih Betina
Betina juga memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu:
1. Ukuran badan lebih kecil
2. Bulu hiasan Panjang hitam tidak ada
3. Pada bagian tubuh bawah berwarna coklat kemerahan.

Itulah ulasan lengkap mengenai cenderawasih biru. Seperti penjelasan awal,(simak juga: cendrawasih raja) hewan ini masuk ke dalam jajaran hewan dilindungi. Hal tersebut dikarenakan jumlahnya yang kian hari makin menipis karena habitat yang tergerus oleh pencemaran dan mengecilnya hutan. Karena itu spesies ini dilarang untuk dipelihara dan akan diberikan sangsi bagi yang memeliharanya secara ilegal.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut