Selasa, 06 Maret 2018

Cara Mengenal Cendrawasih Hitam Lebih Dekat

siswanto siswanto

Hobi merupakan salah satu kegiatan tentunya sangat menyenangkan untuk dilakukan. setiap orang memiliki hobi masing-masing misalnya fotografi, olahraga, menari, dan memelihara hewan piaraan. Nah, merawat hewan merupakan salah satu hobi yang sedang trend saat ini. salah satu hewan favorit dapat dipelihara adalah burung cendrawasih hitam. Burung di atas merupakan salah satu jenis banyak diminati. Bagi anda dimana merasa senang memelihara hewan unik, anda dapat memilih jenis spesies ini. Agar ada tidak salah pilih, anda dapat mengenal berbagai jenis dari cenderawasih.(Baca juga: ciri cendrawasih dari tiga anatomi)

cendrawasih hitam

Asal Burung Cenderawasih Yang Harus Kamu Ketahui
Jika anda akan memelihara jenis fauna ini, maka anda harus mengetahui dari mana asalnya. Jenis cenderawasih hitam dari beberapa Negara dan salah satunya Indonesia. Di Negara Indonesia aves ini berasal dari Indonesia bagian timur misalnya Papua. Bahkan nama cendrawasih diabadikan dalam sebuah perguruan tinggi yaitu Universitas Cendrawasih atau yang disebut dengan Uncen. Selain di Indonesia, fauna ini juga berasal dari Australia Timur dan Papua Nugini. Dengan mengetahui asalnya, maka anda dapat mengetahui gambaran habitatnya.

Ciri-Ciri Yang Dimiliki Oleh Burung Cedrawasih Hitam
Jika anda amati, aves ini memiliki beberapa jenis. Oleh karena itu, sangatlah penting mengetahui ciri khas setiap keluarga atau spesiesnya. Berikut ini adalah beberapa ciri untuk membedakan spesies hitam.

1. Hal pertama yang dapat dilihat adalah dari bulunya. Burung cendrawasih bulu hitam memiliki bulu dominasi warna hitam. Meskipun bulunya tidak 100 persen hitam namun jika didominasi oleh warna tersebut maka aves tersebut dikategorikan menjadi cendrawasih jenis hitam.

2. Kemudian ciri ke dua yang dapat anda perhatikan adalah dari bentuk dan ukuran tubuhnya. Sebenarnya ukuran atau berat badan aves tersebut bermacam-macam meskipun dalam jenis sama. Misalnya saja ada jenis cendrawasih yang memiliki ukuran panjang 110 cm dan ada juga yang memiliki ukuran panjang 15 cm. kemudian, beratnya pun berbeda-beda, ada yang memiliki berat 200 gram maupun berat 50 gram.

3. selain ke dua ciri di atas, ciri khas lainnya adalah habitatnya. Sebagian besar aves ini hidup di Negara Indonesia bagian timur seperti Papua, dan beberapa Negara lain seperti Australia timur, Papua nugini, dan Eropa.
Keunikan Burung Cendrawasih Hitam

Aves memiliki begitu banyak spesies atau jenis namun cendrawasih merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak diburu untuk dipelihara karena memiliki banyak keunikan. Keunikan yang pertama adalah bulu. Burung ini memang dikenal memiliki bulu yang sangat indah oleh karena itu tak jarang ketika melihat burung ini memamerkan bulunya, orang-orang akan terpesona. Ternyata, bulu pada aves ini memiliki peranan yang sangat penting misalnya, untuk aves jantan, bulu yang dimilikinya berperan untuk memikat aves betina sehingga aves betina bersedia diajak kawin. Jadi, bulu burung ini memiliki peran yang penting untuk memicu factor perkawinan.

Selain dengan menggunakan bulu, keunikan yang dimiliki oleh cendrawasih hitam adalah dengan menggunakan bahasa tubuh atau gerakan-gerakan tertentu. misalnya, ketika si burung jantan ingin menggoda burung betina biasanya si jantan akan memamerkan bulunya dengan manari-nari atau bergoyang-goyang di atas pohon. Setiap jenis burung ini juga memiliki tarian tersendiri yang berbeda dengan jenis lainnya. Kicauan burung betina dan burung jantan juga memiliki perbedaan khas. Spesies hitam dapat dijadikan binatang peliharaan kesayangan anda karena aves ini memiliki beberapa macam keunikan.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut