Selasa, 27 Februari 2018

Suara Burung Cendrawasih Untuk Master Dan Gancor

siswanto siswanto

Dari kekayaan tersebut, keragaman hewani menjadi salah satu kekhasan Indonesia. Sebut saja Burung Cendrawasih. Nyatanya, keberadaannya memantik kedatangan bangsa eropa dari yang sekedar suka, pedagang, hingga peneliti. Keunikan satwa satu ini tidak hanya dari parasnya, tapi juga suara burung cendrawasih menunjukkan kompleksitas intonasi.

suara cendrawasih

Belah rotan
Dari kesekian banyaknya jenis, berbagai sumber menyatakan bahwa cendrawasih belah rotan mampu menaikkan pitch suaranya pada nada tertinggi. Suara tersebut hampir tidak mampu disaingi oleh kerabat lainnya. kalaupun keunikan lain hanya terdapat pada gaya tarian dan ekornya. Untuk mendengar suara indah endemik Indonesia ini dapat didownload di sini.

Suara Cendrawasih Belah Rotan: DOWNLOAD

Suara Cendrawasih Raja: DOWNLOAD

Raja
Meskipun cendrawasih belah rotan mempunyai suara tertinggi, namun cendrawasih raja tetap menduduki strata teratas. Jenis ini lebih banyak diminati karena lenggak-lenggoknya saat menggait lawan jenis. Keindahan tersebut pun ditunjang dengan gaya akrobatik ekornya. Ia mengayunkan ekornya dengan ritme kicauan beserta sayapnya dikepak-kepakkan. Gerakannya selaras dan serasi seperti penari di atas panggung megah.

Di dunia barat, ia dijuluki sebagai 'living gem' atau permata hidup. Sebutan tersebut tampak pada rona dan rupa anatomi-nya menyerupai permata rubi berwarna terang. Dengan nama latin 'cicinnurus regius', nilai kerajaannya pun semakin diakui. Untuk mendengar satwa dari kelompok spesies paradisaeidea ini dapat didownlod di sini.

Cendrawasih biru
Selain dua genus di atas, endemik asli Indonesia ini masih menyimpan kejutan lain. Jika kebanyakan spesies ini didominasi oleh warna gradasi merah, warna biru dengan gradasinya masih menjadi sosok unik lain. Keunikan ini dapat didengar dari bunyi keretek bulu sayap. Alhasil, suara khas cendrawasih dan hentakannya sering dijadikan master, mixing, dan konversi dengan burung lainnya. Pasalnya, burung ini mampu menonjolkan beragam teknik supaya burung pendengar mengetahui potensi suaranya sendiri.

Namun, patut diketahui bahwa menjadikan burung biru ini sebagai master memiliki dua potensi. Pertama, burung pendengar akan semakin menguasai beragam teknik. Kedua, burung tidak mempunyai kepercayaan diri karena mendengar suara lawan terlampau penuh teknik dan tinggi. Untuk menjadikan kicauanya sebagai master, suara cendrawasih biru dapat didownload di sini.

Bulu emas
Sayangnya, ketiga jenis suara merdu burung cendrawasih di atas masih sulit untuk dimiliki sebagai binatang peliharaan. Pasalnya, pemilik harus mempunyai surat dokumen yang cukup komplit dengan sistem administrasi yang tidak bisa diremehkan. Oleh sebab itu, kebanyakan orang lebih memilih cendrawasih emas. Meskipun tidak terlampau banyak, namun jenis ini lebih sering dijumpai sebagai satwa piaraan.

Dengan nama latin Paradisaea decora ini memiliki bulu ekor panjang berwarna keemasan dan putih. Untuk urusan variasi, kicauan dapat muncul berkali-kali dalam satu hingga dua menit. Untuk mengetahui kicauan terbaik dari kekhasan burung papua dapat diunduh di sini.

Cendrawasih mini
Jenis ini juga kerap disebut Dewata Raja Botak. Maknanya tidak berbeda jauh dengan sebutan 'penghuni surga'. Nama yang disematkan pun sesuai dengan ciri fisik yang berada di kepalanya. Botak dan nyaris tanpa bulu. Pada bagian tersebut pula, terdapat petakan warna yang beraneka dengan batasan coklak kehitaman.

Meskipun ukurannya hanya 16,5 cm, namun ia dapat menimbulkan suara merdu. Gerakannya pun cukup lincah di bancingkan jenis lainnya. saat musim kawin, ia dapat memunculkan suara terbaiknya hampir sepanjang prosesi musim kawin. Itu adalah beberapa suara burung cendrawasih yang dapat dimanfaatkan sebagai pendamping untuk menstimulasi lawan. Secara tidak langsung akan menambah kemampuan kicauan burung lain.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut