Rabu, 28 Februari 2018

Makanan Burung Elang Dan Cara Memeliharanya Bagi Pemula

siswanto siswanto

Burung predator yang satu ini memang sudah sangat dikenal. Disamping itu tubuh gagah dan kecantikan bulunya membuat si predator banyak diminati. Predator di alam liar tersebut berada dikelas ordo falconiformes dan jadi rantai makanan tertinggi. Burung predator ini banyak dikenal dengan istilah Bird of Prey (BoP). Banyak keistimewaan pada burung tersebut. Karena sebab inilah, meskipun dia jadi burung predator tetap banyak yang memeliharanya. Apakah kalian juga tertarik memeliharanya? Perlu diketahui memelihara BOP sangat berbeda dengan burung lainnya. Memberi makanan burung Elang pun tidak bisa sembarangan. ingin tahu bagaimana? Simak lebih lengkap!

makanan burung elang

Cara Memelihara Elang Bagi Pemula
BOP memiliki postur tubuh lebih besar dibandingkan burung lainnya. kuku tajam untuk mencengkram mangsa, bagian paruh runcing dan tajam serta penglihatan tajam. Penglihatan si predator dengan manusia berbeda jauh, karena lebih tajam elang. Dia dapat melihat mangsa dengan jelas meskipun dari jarak puluhan meter diatas tanah. Bagi para pemula dan bermaksud memeliharanya, memperhatikan pakan serta kandang sangat diperlukan.

Tentunya agar BOP mudah takluk pada sang pemilik. Lantas apakah kita memerlukan kandang layaknya burung lainnya? untuk elang baik itu elang kecil atau besar sebaiknya tidak memerlukan kandang. Agar tidak terbang buatlah semacam gantungan dan diberikan rantai pada bagian kaki. Pasalnya bila diberikan didalam kandang dapat merusak bulu serta merusak proses training atau manning.

Letakkan dia diarea terbuka bersuasana tenang. Setelah dari kandang, pakan tidak boleh terlewatkan. agar cepat pintar, sebaiknya tidak menyuapinya. Cukup menaruh makanan ditempat makan mereka, lalu dorong kepala mereka menuju tempat makan. hal yang sama juga dilakukan untuk minum. lama kelamaan mereka dapat makan dan minum sendiri. pakan umum yang sering dipergunakan ialah serangga dan hewan-hewan kecil.

Dari jenis serangga bisa memilih jangkrik, cacing putih atau kecoa. Ada sedikit himbauan supaya tidak terlalu sering memberikan cacing putih. Kandungan zat kapur yang ada sangat tinggi serta kurang bagus untuk si pemangsa nantinya. Sedangkan dari hewan kecil dapat memilih tikus putih, burung emprit, daging ayam yang masih alami ataupun ikan.

Nutrisi makanan untuk elang
Agar BOP selalu sehat dan tidak mudah berpenyakit, pastinya diperlukan nutrisi baginya. Nutrisi baginya bisa didapatkan dari makanan. Seperti daging merpati yang kaya akan protein. Daging bebek juga kaya akan nutrisi serta cocok untuk semua jenis BOP. Sayangnya bila terlalu banyak dapat membuat mereka lesu, sebab kandungan lemak dalam daging bebek banyak. sedangkan burung yang dalam masa diet, lebih baik diberikan daging kelinci yang sehat dan tidak membawa penyakit.

Penyakit Dan Cara Penyembuhan

Ada beberapa penyakit yang sering menjangkiti BOP, jangan terburu-buru khawatir. Simak lebih dahulu jenis penyakit dan cara penyembuhan elang berikut ini.

  • Penyakit Maggots


  • Ciri Maggots ialah terdapat bintik-bintik warna abu-abu diatas kepala atau dibawah paruh. Cara mengatasinya cukup diberikan campuran air dan cuka secukupnya. Kemudian oleskan dibagian bintik-bintik tersebut.

  • Penyakit Apoplexy


  • Penyakit ini terjadi karena elang mengalami kontraksi otot, membuat elang tidak terkendali. Cara menanganinya sangat mudah, berikan dia air gula, jus jeruk atau jus cery untuk menyeimbangkan elektrolitnya. Kemudian simpan ditempat sejuk dan gelap.

    Perawatan elang sangat berbeda bukan dengan burung pada umumnya. bukan hanya dari kandang saja, makanan burung elang juga berbeda dari burung lainnya. Perawatannya tidak bisa sembarangan, agar BoP tidak merasa stres dan lebih mudah beradaptasi bersama lingkungan baru.

    0 comments:

    Posting Komentar

     

    Pengikut