Sabtu, 24 Februari 2018

2 Macam Teknik Membuat Gambar Burung Merak Nan Cantik

siswanto siswanto

Indonesia adalah nama sebuah negara kepulauan berada di kawasan benua Asia. Lebih tepatnya berada pada wilayah Asia Tenggara. Negara yang berbentuk republik ini terkenal dengan keberagaman flora dan fauna. Dari sekian banyak fauna atau hewan di tanah surga Indonesia, terdapat beberapa jenis hanya dinikmati keindahannya saja. Salah satu jenis hewan hanya dilihat dari faktor artistiknya saja yaitu burung merak. Hewan dengan bulu nan indah tersebut mampu menyihir mata para orang yang melihatnya. Orang-orang yang melihat hewan bernama merak akan terpana dengan warna dan motif bulu tubuhnya. Oleh karena itulah banyak orang berusaha untuk membuat lukisan tentang foto gambar burung merak.

gambar merak

Merak termasuk dalam daftar satwa yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hewan dengan bulu indah ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan penduduk luar negeri pun juga turut bahagia ketika menyaksikan keindahan satwa asli Indonesia tersebut. Para pecinta hewan ini coba mengabadikannya dengan foto kamera atau lukisan tangan yang mereka buat.

Cara Mudah Melukis gambar hewan merak
Siapakah yang tidak mengerti gambar? Gambar merupakan suatu karya seni yang ada di dunia. Seni yang dibuat oleh tangan manusia biasanya dituangkan dalam sebuah media. Media yang sering dipakai untuk menggambar sebuah obyek adalah kertas. Sebuah kertas menjadi sarana paling disukai oleh seorang manusia untuk menggambar sebuah objek.

Salah satu jenis objek yang dapat digambar oleh seorang seniman lukis yakni merak. Obyek hewan berbulu cantik ini menjadi incaran para pelukis untuk dituangkan pada media kertas yang mereka miliki. Dengan hewan tersebut sebagai obyeknya, maka hasil gambar akan lebih menarik untuk dilihat.

Sebenarnya menggambar burung merak sangatlah muda. Seorang manusia hanya perlu mengetahui tekniknya saja. Berikut terdapat beberapa teknik menggambar objek satwa cantik ini yang perlu diketahui.

1.Gambar model kartun
Teknik menggambar foto merak yang pertama yakni model kartun. Langkah berikutnya membuat obyek bulat oval. Bagilah bulatan oval tadi menjadi dua. Lalu buat segitiga untuk paruhnya. Setelah paruhnya jadi, lanjutkan dengan garis melengkung untuk bagian tubuh dan timpali dengan lingkaran berbentuk oval ukuran besar. Buatlah lingkaran berikutnya untuk bagian bawah dari badan hewan tersebut.

Setelah sketsa tubuh jadi, buat tiga garis tegak pada sketsa kepala. Tambahkan bundaran kecil pada masing - masing garis tegaknya. Buat sketsa garis layaknya cahaya pada sekitar burung. Pada masing - masing garis buat lingkaran seperti air jatuh dan berikan titik hitam di dalamnya. Buatlah sketsa bulu pada tubuh dan hapus garis sketsa tadi. Warnai gambar tersebut semenarik mungkin.

2.gambar tampak samping
Untuk menggambar merak yang tampak samping pun hampir sama dengan kartun. Cara pertama buat bulatan untuk kepala. Buatlah garis segitiga untuk bentuk paruh. Kemudian gambarkan oval lain dalam kepala burung. Tambahkan lingkaran kecil untuk matanya. Setelah itu buat dua garis melengkung untuk leher dan buat oval sudut untuk bagian sayap.

Selanjutnya bikin garis mirip sinar sebanyak enam buah pada kepala. Tambahkan garis lengkung dan timpali dengan lingkaran kecil secukupnya sampai penuh. Buatlah garis bersih pada bagian kepala dan sayapnya. Kemudian hapus garis bantu tadi. Warnai gambar tersebut secantik mungkin.

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat foto gambar burung merak yang mudah. Dengan menguasai teknik tersebut, maka anda dapat membuat gambar burung dengan bulu indah ini secantik aslinya.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut