Rabu, 21 Februari 2018

Cara Merawat Burung Merak Hijau

siswanto siswanto

Burung merak hijau merupakan salah satu jenis unggas dari tiga spesies merak dari suku Phasianidae. Seperti pada jenis lainnya, pada tipe ini juga memiliki kenampakan hijau sangat indah dimana warna bulunya terdapat kombinasi warna hijau keemasan. Ukurannya pun cukup besar karena panjangnya bisa mencapai 3meter. Sedangkan untuk penutup ekor juga sangat panjang. Dengan ciri-ciri tersebut, maka jenis merak tersebut merupakan salah satu yang favorit untuk dilihat para pengunjung saat mereka datang ke kebun binatang. Namun, kalian tahu tidak bagaimana cara merawat bintang tersebut? Dengan bulu cantik bagaimana kita bisa merawat bulu-bulunya agar tetap cantik dan pakannya apa saja untuk menjaga penampilan burung tetap indah. Berikut ada beberapa ulasan untuk kalian sebagai pengetahuan tambahan tentang unggas.(Baca juga : cara menangkar merak biru)

merak hijau

Cara mudah merawat burung merak
Sebelum membahas perawatan burung merak hijau, ada baiknya jika kita mengetahui habitat dari jenis satu ini. Populasi jenis hewan tersebut pada dasarnya berada di hutan terbuka berupa padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan beberapa wilayah jawa, Indonesia. Untuk di Indonesia, hewan ini hanya bisa ditemukan di pulau jawa saja dimana habitat dari burung cantik ini bisa kita jumpai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Akan tetapi, untuk saat sekarang, jenis unggas Merak populasinya semakin menyusut karena disebabkan rusaknya habitat dan juga disebabkan perburuan liar. Karena cukup indah, hewan tersebut diburu secara liar untuk diambil bulunya.(Baca juga : Cara ternak merak jawa)

Karena spesies yang sangat menarik dan memiliki penampakan cukup bagus, maka kita pun perlu menjaganya dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana cara membuat unggas tersebut tetap bagus, maka berikut ada beberapa tips merawat burung merak hijau yang bisa kalian aplikasikan:

1. pemberian pakan
Dalam pemberian pakan, sebaiknya kita memberikan secara teratur makan dan minum agar mereka tidak kelaparan. Sedangkan pakan terbaik untuk jenis unggas tersebut adalah biji-bijian bisa berupa padi, jagung ataupun daun hijau yang memiliki rasa manis serta beberapa jenis serangga. Selain makanan alami, pemberian voor juga cukup bagus untuk binatang satu ini.

2. pembuatan kandang
Selain pemberian pakan, pembuatan kandang juga cukup penting. Karena burung tersebut memiliki ukuran besar maka kandangnya pun harus berukuran besar. Agar tidak stress, kandang pun harus dibuat seperti habitat aslinya. Hindari juga dari keramaian karena merak sangat pemalu.

3. memperhatikan masa reproduksi
Reproduksi sangat penting untuk hewan sedangkan untuk spesies tersebut biasanya memiliki masa reproduksi pada musim penghujan. Hewan ini juga termasuk jenis yang bisa poligami sehingga ada baiknya menyediakan lebih dari satu betina. Dan upayakan jangan ada lebih banyak jantan karena bisa berkelahi.

4. memperhatikan pengeraman dan penetasan
Pada umumnya, seseorang yang memiliki hewan tersebut cukup sulit untuk menetaskan telur jika merak tersebut mengeram sendiri. Oleh karena itu, jika kalian ingin memperbanyak unggas jenis ini, ada baiknya jika saat bertelur dan ada ayam sedang mengeram, taruhlah telur merak pada ayam yang sedang mengeram.

Demikianlah ada beberapa cara merawat atau bahkan memelihara Burung merak hijau. Cara-cara tersebut sangatlah mudah. Dengan pemberian pakan dan minum secara rutin, maka bulu-bulu merak akan terawat dengan baik. Selain itu, menghindari kandang dari keramaian juga sangat dianjurkan agar mereka tidak stress karena keramaian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba beternak burung Merak.(lihat juga : Ciri dan cara merawat merak hijau betina)




0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut