Rabu, 14 Februari 2018

Cara Merawat Burung Hantu Yang Mudah

siswanto siswanto

Burung hantu adalah binatang sangat menggemaskan. Binatang ini memiliki karakter mata besar dan berada di depan bukan seperti kebanyakan burung dengan mata di samping. Burung owl adalah pemangsa yang sangat aktif di malam hari. Mereka senang untuk berburu tikus, jangkrik, belalang, ayam, atau makanan lainnya. Sebagai karnivora, burung ini memiliki paruh sangat tajam dan memang memiliki desain untuk merobek daging. Banyak dari masyarakat senang untuk memelihara hewan yang satu ini. Bagi anda penghobi dan ingin memelihara si owl, berikut ini adalah cara merawat burung hantu yang bisa dilakukan oleh pemula.(lihat juga : keistimewaan owl bubo)

burung hantu

1.Memelihara sejak kecil
Cara untuk merawat burung hantu, pertama bisa mulai memelihara burung hantu sejak masih kecil. Jika pemilik ingin memelihara si owl sejak dewasa nantinya akan mendapatkan kesulitan karena mereka sudah sangat kuat dan belum jinak. Berbeda halnya apabila memelihara si owl sejak masih kecil, pemilik bisa merawat dan melatih dengan lebih mudah. Makanan untuk owl juga masih berupa serangga. Banyak yang memilih untuk memeliharanya mulai dari kecil sehingga bisa dilatih sesuai dengan keinginan.

2.Menyediakan kandang
Kandang adalah hal sangat penting. Owl biasanya tidur sambil bertengger namun tentu tidak akan ada salahnya jika anda menyediakan kandang dengan kondisi gelap. Burung hantu juga banyak tinggal di lubang pohon sehingga akan merasa aman dan juga nyaman karena tidak akan terganggu oleh hujan. Anda dapat membuat kandang dari kayu dan diberi satu pintu sebagai tempat keluar masuk. Kandang bagi si kecil atau muda bisa dibuat terbuka saja asalkan ada tempat untuk bertengger. Anda bisa meletakkan pada suatu ruangan sehingga bisa terbang dengan bebas. Saat malam hari lampu harus dimatikan karena itu adalah waktu mereka makan. Hal lain tidak kalah penting yakni jangan jemur di bawah terik sinar matahari.

3.Menyediakan tangkringan
Owl senang untuk berada di atas dahan pohon. Tangkringan atau tenggeran menjadi hal sangat penting bagi mereka. Buatlah sesuai dengan ukuran batang pohon sehingga mereka dapat mencengkeram dengan baik. Ada banyak contoh desain tangkringan menarik untuk di ikuti. Anda bisa membuatnya dengan bentuk T atau bahkan bisa juga dengan bentuk yang lain. Hal terpenting jangan sampai burung tidak memiliki tempat nyaman untuk bertengger. Saat merawat burung ini, pemilik harus menyayanginya dengan baik. Jangan takut atau ragu-ragu ketika menyayanginya. Ketika masih pemula biasanya masih sangat ragu untuk mendekat pada burung karena takut dicakar, ini justru akan membuat burung terasa kurang nyaman. Anda perlu untuk membuat chemistry baik karena ini masuk salah satu cara merawat owl yang tepat.

4.Menyediakan makanan sesuai usia
Hewan ini ada banyak jenis yang bisa ditemukan. Salah satu jenis terpopuler adalah celepuk. Owl satu ini bisa diberi makan jangkrik atau ikan kecil. Memberi makan mereka harus di sesuaikan dengan usia dan juga jenisnya. Jangan memberi makan mereka dengan daging olahan atau kemasan karena bisa saja tidak cocok karena sudah terkontaminasi zat tambahan seperti pengawet atau bahkan pewarna. Pada umumnya, usia dewasa bisa diberi makan tikus putih atau emprit sawah.

5.Merawat dengan kasih sayang
Cara merawat burung hantu akan berhasil jika sang pemilik memberikan perawatan dengan kasih sayang. Binatang meskipun sangat berbeda dengan manusia tetap saja dapat merasakan kasih sayang dari sipemilik atau tuannya. Anggaplah dia sebagai binatang kesayangan atau bahkan menjadi salah satu sahabat anda. Terkadang pemilik perlu memberikan belaian atau mengajak berinteraksi dengan berbicara saat memberikan makan. Itulah cara mudah dan layak anda coba lakukan. Semoga bisa berhasil.


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut