Minggu, 18 Februari 2018

Cara Menjinakan Burung Hantu Yang Perlu Diketahui

siswanto siswanto

Burung hantu menjadi binatang yang bukan hanya menggemaskan namun ternyata ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan jika memeliharanya. Bagi pecinta binatang, burung ini akan di jadikan sebagai binatang kesayangan dan bahkan bisa menjadi sahabat bermain. Bagi para petani, owl memiliki manfaat yang sangat luar biasa karena mereka bisa membantu petani untuk mengurangi hama tikus di sawah. Jika anda mengunjungi sawah-sawah di pedesaan biasanya ditemukan kota yang dipasang di tengah sawah dan ternyata kotak itu adalah kandang burung hantu. Si owl sudah dilatih dan dijinakkan sehingga bisa disuruh untuk tinggal di kotak tersebut. Cara menjinakkan burung hantu memang susah-susah gampang. Berikut ini adalah tips yang perlu diketahui:

jinakan burung hantu

  • Menyediakan tempat yang nyaman


  • Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menjinakkan owl yakni menyediakan kandang. Kandang adalah hal yang penting namun untuk kandang hewan satu ini harus benar-benar sesuai. Bentuk kandang bisa kotak satu pintu masuk dan terbuat dari kayu. Letakkan kandang di tempat yang tidak terlalu rendah. Lalu jangan lupa taruh di tempat teduh karena hewan ini tidak suka terik matahari. Kandang harus dibuat longgar dan jangan sampai terlalu sempit supaya tidak mudah stress. Di dekat kandang, buatkan tenggeran supaya burung bisa menghirup udara bebas dan melihat sekeliling dengan nyaman.

  • Beri makan dengan tepat


  • Makanan dari hewan ini adalah jangkrik terutama diusia 3 bulanan atau di bawahnya. Beri 7 ekor jangkrik dalam satu kali makan agar burung tidak kelaparan. Beri makan dua kali sehari yakni pagi dan sore hari. Anda bisa menyuapinya dengan menggunakan lidi untuk menusuk jangkrik kemudian menyuapkan pada owl. Saat memberi makan, pemilik bisa sambil melatih dengan siulan agar burung terbiasa dengan sinyal makanan datang. Menjaga keakraban juga sangat penting. Pemilik boleh mengelus bulu dengan lembut saat mereka makan agar terbentuk kemistri yang baik.(Baca juga : tips memelihara anak burung hantu)

  • Menyayangi dan berinteraksi sambil melatih kepercayaan


  • Cara untuk menjinakkan burung hantu bisa dilakukan dengan menyayangi owl dan membuat hewan tersebut tidak takut dengan anda. Langkahnya adalah dengan mengenali karakter mereka, menyayangi dan juga memberikan latihan ringan supaya owl berani untuk hinggap di lengan anda saat akan diberi makan. Latihan ini bisa dilakukan saat mereka sudah bisa terbang. Anda bisa melakukan interaksi dengan menatap matanya serta tunjukkan jika anda sangat menyayangi mereka dan tidak akan melukainya. Percakapan batin ini terkadang efektif untuk membuat mereka tidak merasa takut dengan tuannya.

  • Membiarkan burung tidur bersama anda di kamar


  • Biasanya owl yang sudah lama bersama anda akan merasa nyaman jika berada didekat pemiliknya. Pemilik bisa mengajak owl untuk berada di kamar seperti diberi tenggeran sehingga dapat melihat anda saat sedang tidur. Cara menjinakan si burung hantu ini akan membuat owl semakin yakin jika pemiliknya adalah orang yang tidak akan menyakitinya. Saat memberi makan, ajaklah si hantu untuk bercakap dan tataplah matanya dengan kasih sayang. Jika sudah tidak ada rasa takut nantinya mereka akan lebih mudah untuk diajak jalan berkeliling rumah juga bertengger ditangan dengan sangat nyaman.(lihat : keistimewaan burung hantu bubo)

    Pada kondisi ini, mulailah pemilik untuk memberikan latihan yang lebih seperti melatih untuk terbang tinggi dan kemudian kembali. Bisa juga melatih si owl untuk mengejar tikus makanannya. Selain itu juga dapat melatih owl dari atas ketinggian untuk bisa terbang dan bertengger ditangan. Pancingan yang akan membuat mereka tertarik untuk latihan adalah makanan atau jangkrik. Cara menjinakan burung hantu memang harus dilakukan secara teratur dan telaten agar hasilnya sesuai dengan harapan.

    0 comments:

    Posting Komentar

     

    Pengikut