Tips Memilih Burung Kenari Yang Berkualitas

siswanto siswanto

Varietas burung kenari sangat banyak sekali. Ada yang unggul di suara, warna atau postur tubuhnya. Oleh karena itu kita tidak bisa memilihnya dengan sembarangan. Apalagi buat orang yang belum paham tentang karakter burung sama sekali. Mungkin anda akan ditipu dengan diberi burung yang kurang sehat dan tidak memiliki suara bagus. Pahamilah apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli. Terutama harganya, anda harus paham berapa patokan harga dari setiap varietas burung kenarinya. Sehingga anda tidak akan bingung pada saat menawar harganya. Berikut ini tips memilih burung kenari yang berkualitas.

kenari berkualitas

Jenis Kelamin
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis kelamin dari burung itu sendiri. Hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Apakah burung jantan atau burung betina. Misalnya untuk burung jantan, bisa digunakan untuk lomba. Karena memiliki suara dan postur tubuh yang lebih bagus.Untuk tahu mana burung jantan dan betina, anda harus bisa membedakannya. Kedua jenis memiliki ciri fisik yang agak berbeda. Jadi pahami perbedaannya terlebih dahulu. (baca juga : cara membedakan kenari jantan dan betina)

Bentuk Badan Dan Tingkah Laku
Bentuk badan juga bisa mempengaruhi hasil budidaya burung kenari anda nantinya. Setiap jenis burung, memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Ada yang tubuhnya besar dan ada yang kecil. Apalagi jika anda ingin mengawinkannya, harus diperhatikan postur tubuh dari burung tersebut. Supaya hasil ternaknya bagus. Berat badan kenari tidak terlalu gemuk, kaki dan ekor proposional, leher tidak terlalu panjang, gerakan gesit dan masih banyak lainnya. Jangan pilih kenari yang pemalas. Karena akan sulit dirawat. Selain itu burung yang lincah, memilih mental tempur yang kuat. Apalagi jika anda mencari burung kenari untuk kicauannya. Carilah burung dengan bentuk kenari yang tidak terlalu panjang.

Suara Kicauan
Tips memilih burung kenari selanjutnya dengan melihat suara kicauannya. Pertama anda harus tahu tipikal suara yang dikeluarkan oleh jenis burung kenari. Setiap varietas memiliki tipikal suara yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba cari tahu dari juara-juara kontestan burung kenari. Dengan begitu anda bisa menemukan burung kenari dengan suara yang paling bagus. Pilihlah kenari dengan suara kicauan yang panjang dan enak di dengar. Bukan suara burung yang bagian tengahnya terputus-putus. Ini akan sangat membantu untuk menemukan burung kenari dengan suara yang bagus.(baca juga :suara kenari)

Mental Tempur Burung
Jika anda mencari burung kenari untuk mengikuti lomba, harus memilih burung yang memiliki mental tempur kuat. Ini akan membantu pada saat lomba dilakukan. Burung yang bagus, mudah beradaptasi ketika dibawa di sebuah kontestas burung. Tidak mudah stres dan bisa menghadapi lawannya dengan mudah. Jangan memilih burung yang mudah stres, pemalas dan sulit untuk beradaptasi. Ini akan membuat anda tidak akan pernah menang di sebuah kontestas burung. (baca juga: tips memilih burung kenari lomba)

Memilih burung kenari memang tidak mudah. Anda juga harus memperhatikan pasaran harga dari setiap jenis burung. Jangan sampai di tipu oleh pedagang burung tak bertanggung jawab. Lakukan survei sebanyak mungkin. Lihat postur tubuhnya, suara, warna bulunya dan masih banyak lainnya. Dengan begitu anda akan mendapatkan burung kenari dengan kualitas terbaik. Sekian artikel tentang tips memilih burung kenari. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut