Minggu, 24 September 2017

Tips Merawat Burung Kenari Untuk Calon Juara Lomba

siswanto siswanto

Burung kenari memang tidak sepopular lovebird atau murai batu. Tapi banyak orang yang suka memelihara burung yang warna-warni ini. Dengan perawatan yang cukup mudah dan harga yang lebih murah. Banyak orang yang menjadikan burung kenari ini ikut dalam perlombaan. Ada beberapa jenis burung kenari yang memiliki suara bagus. Supaya suaranya semakin gajor, anda harus bisa merawatnya dengan baik. Untuk perawatannya memang tidak begitu sulit, biayapun murah meriah. Secara umum ada tiga jenis yaitu warna, postur dan suara. Jika anda ingin lomba untuk suaranya berarti memilih jenis yang memiliki suara bagus. Berikut ini tips merawat burung kenari yang bisa menjadi calon juara lomba. (baca juga : cara merawat kenari agar juara)

kenari juara lomba

Berikan EF Secara Rutin
Berikan tambahan EF (extra fooding) untuk pakan tambahan. Jadi selain pakan biji-bijian anda bisa memberikan sayuran dan buah yang sesuai. Berikan variasi makanannya secara menyeluruh. Untuk jenisnya, berikan jenis yang lembut dan tidak terlalu keras. Karena akan merusak paruh dari burung kenarinya. Anda bisa membuat potongan kecil-kecil, lalu memberikannya kepada burung secara rutin. Letakkan pada tempat sendiri jangan dicampur dengan makanan utamanya.

Jangan Berikan Makan Berlebihan
Jangan pernah berikan makanan ke burung kenari terlalu berlebihan. Anda harus bisa memberikan sesuai takaran yang tepat. Memberi makanan secara berlebihan, bisa membuat kesehatan dan penampilan burung kenari kurang bagus dan terganggu. Bisa membuat berat badan burung terlalu berlebihan dan membuat malas berbunyi. Oleh karena itu anda harus bisa memberikan takaran makanannya secara tepat. Misalnya untuk biji-bijian sekitar 1/3 dari cukup makanan saja. Jangan terlalu banyak.

Berikan Tambahan Daun Hijau
Tips merawat burung kenari selanjutnya adalah dengan memberikan tambahan daun hijau. Seperti daun mengkudu, tanaman krokot dan lainnya. Tambahan tanaman ini bisa membuat suara burung kenari semakin bagus. Bahkan suaranya akan semakin jernih dan tinggi. Untuk pemberian makanannya juga harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Jangan asal memilih makanan dan dengan takaran yang tepat. Setiap jenis tambahan daun hijau, bisa memberikan manfaat yang berbeda-beda. Cari tahu tentang manfaat daun hijau tersebut, sebelum memberi makanannya.

Berikan Tambahan Egg Food
Pada saat merawat burung kenari, wajib memberikan egg food (soft food). Makanan ini digunakan untuk membuat stamina burung semakin kuat. Anda tinggal menggantungkan egg food di dalam sangkar. Buatlah telur rebus yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Jangan berikan setiap harinya. Berikan beberapa minggu sekali. Egg food ini dijadikan makanan pengganti dari makanan utama. Selain itu anda juga bisa mencampurkan sedikit egg food dengan biji-bijian. (baca juga : manfaat biji sawi)

Perawatan mandi, Jemur Dan Kebersihan Kandang
Perawatan ini tak kalah penting, anda harus menjaga kebersihan burung kenari dengan baik. Mandikan burung setiap harinya. Ini untuk menjaga burung dari parasit dan bakteri lainnya. Sehingga tidak mudah terserang penyakit dan terinfeksi tungau. Jika burung sakit, tentunya tidak bisa berkicau dengan baik. Setelah dimandikan burung harus dijemur. Jemurlah pada pagi hari dan jangan terlalu lama. Menjemurnya sebelum pukul 10,30 wib. Setiap hari kandang juga harus dibersihkan terus menerus.
(baca juga:tips cara memandikan burung kenari)

Ada banyak tips merawat burung kenari lainnya yang bisa dilakukan. Dengan memberikan suplemen tambahan, minum yang cukup, dan masih banyak lainnya. Dengan begitu burung kenari siap ikut lomba dengan baik.
tips merawat burung kenari akan membantu anda mendapatkan burung yang pintar berkicau dan cantik.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut