Minggu, 24 September 2017

Meraih Kesuksesan Dengan Ternak Burung Kenari

siswanto siswanto

Ada banyak sekali jenis burung yang bisa diternakkan dan memberi keuntungan. Salah satunya dengan membudidayakan burung kenari. Banyak orang yang suka dengan burung warna-warni ini. Harganya pun tinggi dan perawatan lebih mudah. Anda tak butuh modal yang tinggi, untuk membudidayakan burung kenari. Burung kenari yorkshire termasuk jenis burung kenari yang mudah dibudidayakan. Mudah untuk dipasarkan dan dibudidayakan. Prospek kedepanya sangat menjanjikan, sehingga anda bisa mengambil keuntungan yang berlimpah. Ada beberapa faktor budidaya burung kenari yang harus anda perhatikan.

ternak burung kenari

Usia Dan Jenis Kelamin Burung
Lihatlah usia dan jenis kelamin burung kenari tersebut. Untuk indukan jantan, minimal sudah berumur 1 tahun untuk siap dikawinkan. Sedangkan burung betina berumur 9 bulan. Kalau umurnya dibawah itu, masih sulit untuk dikawinkan. Untuk membudidayakannya, berarti minimal anda harus memiliki 1 burung jantan dan 1 burung betina. Pada saat memilih jenis kelaminya, pilih yang berkualitas dan memiliki keadaan yang baik. Sehingga hasil persilangannya bagus.,baca juga :(cara membuat kandang kenari)

Persiapan Kandang
Kandang sangat mempengaruhi keberhasilan budidaya anda. Anda harus bisa membuat kandang yang senyaman mungkin untuk burung. Tidak terlalu sempit, sehingga burung tetap bisa bergerak bebas. Anda bisa membuat kandang yang menempel pada dinding, sehingga lebih praktis. Tidak mudah goyang dan lebih aman. Ketakan kandang di tempat yang nyaman. Tidak terlalu panas dan tidak terkena angin terus menerus. Letakkan di tempat yang teduh dan jauh dari kebisingan. Ini akan membuat burung berkembang biak dengan baik dan tidak cepat stres.

Proses Perjodohan Burung Kenari
Disinilah faktor budidaya burung kenari yang paling penting. Anda harus bisa mengenalkan burung betina dan burung jantan dengan baik. Proses perjodohan ini memang lebih rumit. Kecuali anda sudah memiliki kedua jenis burung dalam waktu yang lama. Kalau keduanya masih baru bertemu, proses perjodohannya cukup sulit. Kedua jenis burung, harus sudah terbiasa tinggal bersama. Kalau tidak, bisa membuat burung stres. Lakukan perjodohan dengan baik dan benar. (baca juga : cara menjodohkan burung kenari)

Proses Pengeraman Dan Penetasan Telur Kenari
Jika proses perjodohan berhasil. Dalam waktu 14 hari, burung betina akan mulai mengerami telurnya. Pada saat proses pengeramannya, harus memisahkan dengan burung jantannya. Nanti burung kenari jantan bisa merusak sarang telur dan memecahkannya. Jadi harus lebih berhati-hati. Setelah 14 hari diengrami, telur kan menetas. Ketika baru saja menetas, anda harus bisa menjaga kesehatan induk dan anaknya dengan baik. Beri makanan dengan baik. Jaga suhu kandang dan lainnya. Jangan sampai anakan kekurangan gizi. Apalagi burung anakan, belum bisa mencari makanannya sendiri. (baca juga : cara kenari cepat bertelur)

Dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Anda bisa memulainya dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Nanti bisa dibudidayakan lebih besar lagi. Yang penting anda tahu, cara merawat burung dengan benar. Sehingga menghasilkan burung kenari yang berkualitas, suara bagus dan postur tubuh menarik. Ini akan membuat burung anda mudah dijual. Ikuti lomba-lomba dan jual burung secara online. Sehingga budidaya burung kenari anda semakin sukses. Jangan jadi peternak yang pasif. Ilmu tentang budidaya burung kenari selalu berkembang terus menerus. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan semua faktor budidaya burung kenari diatas. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

faktor budidaya burung kenari harus anda lakukan, supaya bisa menghasilkan burung kenari yang bagus dan berkualitas.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut