Menghasilkan Burung Kenari Juara Dari Perawatan Yang Benar

siswanto siswanto

Untuk menghasilkan burung kenari yang berkualitas, memang harus dilakukan berbagai cara. Anda harus bisa merawatnya dengan benar. Sehingga burung kenari, bisa tubuh dengan benar. Yang paling diperhatikan adalah pada pemberian pakan, perawatan sehari-hari dan penyakit yang sering menyerang burung. Dengan begitu burung kenari anda, akan tubuh dengan baik. Perawatannya mudah tapi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Untuk lebih jelasnya kita bahas tentang perawatan burung kenari dibawah ini.'

juara kenari

Pakan Burung Kenari
Jenis pakan utama burung kenari adalah biji-bijian. Tapi anda juga harus memberikan extra fooding dan juga suplemen. Ini akan membantu suaranya semakin bagus. Anda juga bisa memberikan buah-buahan dan sayuran pada waktu-waktu tertentu. Resep pakan burung yang akan membuat suaranya semakin gancor dan staminanya semakin bagus. Bisa dengan mencampurkan 1 butir kuning telur puyuh, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh mentega, 1 iris biskuit bayi dan 1 sendok poppy seed. Campurkan semua bahan itu menjadi satu dan berikan kepada burung kenari. Anda juga bisa memakai biji addas, tulang sotong dan lain sebagainya. Tapi ingat jangan beri makanan terlalu banyak karena bisa membuat burung gemuk dan malas untuk berkicau,

Perawatan Burung Kenari
Untuk perawatan burung kenari, ada banyak sekali hal yang harus anda lakukan. Hal utama adalah menjaga kebersihan burung dan kandang dengan baik. Selalu mandikan burung setiap harinya. Bisa dengan menyemprotkan sedikit demi sedikit. Lalu dijemur minimal 1 jam pada pagi hari. Jangan menjemur lebih dari jam 10 pagi dan jangan terlalu lama. Anda juga harus membersihkan kandangnya setiap harinya. Buang kotoran burung setiap hari. Jangan ada bagian yang tersisa sama sekali. Dengan begitu burung akan lebih nyaman, tidak mudah stres dan terserang penyakit. Jangan letakkan kandang di daerah yang hembusan anginnya kecang. Karena akan membuat burung mudah sakit.

Selain itu jangan diletakkan di bawah sinar matahari langsung, bisa menyebabkan kematian atau heat stroke. Pada saat memberikan pakan juga harus teratur. Jangan lupa untuk diberikan multvitamin atau suplemen. Supaya burung tetap sehat. Apalagi anda memelihara burung kenari untuk lomba. Harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin. Ada banyak sekali jenis multivitamin yang bisa diberikan. Tergantung kebutuhan dari burung. Kalau ada kuku yang panjang. Jangan lupa untuk di potong. Lakukan latihan, jika ingin suaranya semakin gancor. (baca juga : cara kenari cepat gacor)

Penyakit Burung Kenari
Untuk merawat burung kenari dengan baik. Anda harus mewaspdai penyakit yang bisa menyerangnya. Jangan sampai terlambat dan membuat burung meninggal. Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang burung. Pertama bulu di sekitar kepala dan leher hilang. Jadi burung mengalami kebotakan. Hal ini karena burung kekurangan nutrisi iodium. Burung juga bisa mengalami masalah gangguan pernafasan. Karena gangguan dari bakteri escherichia colli. Selain itu juga burung terkena gangguan tungau kantung udara, sehingga menyebabkan organ pernafasannya terganggu. (baca juga : cara mengatasi kebotakan kenari)

Burung kenari juga bisa terserang penyakit bengkak pada kaki. Hal ini dikarenakan infeksi jamur atau bakteri karena kandang tidak dibersihkan dengan baik. Pada bagian kaki juga bisa terkena kaki berkerak karena gangguan tungau knemidokoptes pilae. Hati-hatilah dengan sebuah penyakit tersebut, supaya perawatan burung kenari lebih mudah dan lebih sehat.(baca juga : cara mengatasi kaki kenari bengkak)

perawatan burung kenari sebenarnya mudah, asalkan anda melakukan dengan benar dan memperhatikan semua hal dengan baik.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut