Kamis, 14 September 2017

Harga Burung Jalak Bali Resmi : Biar Mahal Asal Aman

Jika kita membuat daftar jenis-jenis burung yang paling diminati oleh para kicaumania, Jalak Bali sudah pasti menjadi salah satu yang berada di posisi atas. Ini karena Jalak Bali mempunyai kombinasi yang menawan antara penampilan fisik yang cantik dan kicauan yang merdu. Dan tentunya, harga dari seekor burung semacam ini tidak murah. Apalagi harga burung Jalak Bali resmi, atau yang dilengkapi dengan sertifikat. Anakan berusia 2 sampai dengan 4 bulan saja harganya sudah mencapai Rp. 5.000.000 sepasang. Harus kita akui bahwa harga yang tidak murah juga merupakan daya tarik tersendiri, terutama bagi para penangkar. Dengan perhitungan yang tepat, dan dengan ketelatenan serta kehati-hatian, mengembangbiakkan burung yang cantik ini sudah pasti bisa menghasilkan keuntungan yang banyak.


Beda Burung Jalak Resmi dan Tidak Resmi
Memang istilah "burung Jalak Bali resmi" ini terkadang membingungkan, terutama bagi mereka yang masih relatif awam dengan dunia burung. Sebenarnya yang dimaksud dengan resmi di sini hubungannya dengan legalitas dari burung yang diperjualbelikan. Burung Jalak Bali yang resmi adalah yang ditangkarkan oleh penangkaran yang memiliki ijin penangkaran serta ijin edar. Semua ijin tersebut dikeluarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Dan burung yang diperjualbelikan pun, harus mempunyai sertifikat. Di sertifikat burung, ada kode yang sama dengan kode yang ada pada ring, yang dipakaikan pada burung yang bersangkutan sejak berumur antara 5 sampai dengan 15 hari. Ini semua dilakukan karena burung Jalak Bali masuk dalam kategori burung yang langka, atau burung yang dilindungi. Jadi, segala hal tentang burung ini, baik itu penangkaran ataupun jual belinya diawasi oleh pemerintah.

Lalu bagaimana dengan burung Jalak Bali yang tidak resmi? Yang tidak resmi tentu saja tidak dilengkapi dengan sertifikat dan ring nya. Sedangkan untuk asal usulnya, bisa merupakan hasil penangkaran oleh penangkar yang tidak mempunyai ijin, atau lebih parah, hasil tangkapan.

Kisaran Harga Burung Jalak Bali Resmi
Harga jual burung Jalak Bali yang ditawarkan oleh para penangkar bersertifikat memang berbeda-beda. Tapi biasanya perbedaannya tidak terlalu banyak, sekitar Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 saja. Berikut ini adalah harga standarnya, yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Trotol berumur 2 sampai 4 bulan : sekitar Rp. 5.000.000 sepasang
2. Bakalan atau muda berumur 7 sampai 8 bulan : sekitar Rp. 8.000.000 sepasang
3. Dewasa umur sekitar 1 tahun dan siap untuk dikembangbiakkan : sekitar Rp. 12.000.000 sepasang
4. Sepasang indukan berumur sekitar 2 tahun : sekitar Rp. 17.000.000 sepasang

Pentingnya Mempunyai Sertifikat Untuk Burung Jalak Bali
Harga Burung Jalak Bali resmi memang tergolong mahal. Tapi bagaimanapun juga, para kicaumania sebaiknya tidak mengambil resiko dengan membeli yang tidak ada sertifikatnya, karena resikonya sangat besar. Pemilik burung langka semacam ini yang tidak mempunyai sertifikat bisa ditangkap dan dijadikan tersangka, seperti yang pernah terjadi kepada seorang penggemar burung di Klaten, Jawa Tengah. Sudah semua burungnya yang tidak dilengkapi dengan sertifikat disita, masih harus berurusan dengan hukum. Padahal, semua burung itu dia beli dengan harga yang tidak murah, totalnya sekitar Rp. 30.000.000. Ibaratnya sudah jatuh, masih harus tertimpa tangga. Nama baik juga mau tidak mau menjadi tercemar, karena rumah digerebek oleh polisi.

Jadi bagi para kicaumania yang ingin mengoleksi burung Jalak Bali, sebaiknya ekstra hati-hati. Karena harganya yang sangat mahal, banyak pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang tergiur lalu berusaha melakukan manipulasi atau penipuan. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan bahwa kode pada ring yang dipakaikan pada burung sesuai dengan yang tercantum pada sertifikatnya. Jika ternyata tidak cocok, sebaiknya pembelian dibatalkan saja karena kemungkinan palsu alias tidak resmi, dan nantinya bisa bermasalah.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengikut