Harga Murai Air Terbaru juni 2017

Burung Kicau Indonesia

Harga Murai Air jika dilihat memang tak semahal Harga Murai Batu, harga yang cukup terjangkau membuatnya cukup menjadi buruan bagi para penghobi burung cantik satu ini. Burung murai air sebenarnya sejak dulu udah digemari, dan merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup familiar di negeri ini. Kelebihan yang dimiliki burung murai air adalah memiliki suara kicau yang mantep dan volume yang keras. Suaranya tersebut sangat pas bila dimasterkan pada burung murai batu, maka tak heran bila para penghobi murai batu juga turut mengincar kicauannya untuk dimasterkan pada burung murai batu andalan.

burung murai air, murai air, gambar burung murai air gambar murai air

Sebenarnya burung murai air memiliki penyebutan yang beragam di berbagai daerah, ada daerah yang menyebut burung ini dengan nama murai mancur, ada juga yang menyebut sibia ekor panjang, murai besi, murai laut, dan lain-lain. Namanya cukup beragam bukan? ya, karena burung ini dikenal oleh sebagian besar kicaumania. Tetapi, meski[un agak familiar di telinga para pecinta burung, tetapi penyebaran burung jenis ini tak begitu merata, paling banyak burung murai air ditemukan di kawasan Sumatra. Maka dari itu, bisa dibilang burung murai air adalah burung yang langka dan patut untuk dijaga keberadaannya dan dilestarikan. Di luar negeri, burung ini menyebar hingga ke Malaysia, Vietnam, Laos, Thailand, Bhutan, Nepal, dan China.

Burung murai air ini di kehidupan alam liar, biasanya hidup di kawasan hutan dan semak belukar, yang pasti lebih menyukai tempat yang banyak popohonan rindangnya. Hal ini disukainya karena dirasa lebih aman dan nyaman. Biasanya burung ini ditemui berterbangan ke sana ke mari, sembari berkicau dengan lantang terdengar begitu syahdu. Kicauannya begitu memantul dan enak didengarkan. Burung ini juga tak jarang berada di daratan, khususnya pada saat berburu makanan. Burung murai air sangat menyukai makanan yang berupa biji-bijian, serangga, sayuran, dan buah-buahan. Sangat cocok juga sebagai burung peliharaan di rumah, postur tubuh yang ideal, penampilannya yang menawan, serta kicuannya yang merdu sangat pas banget dipeliharan di rumah.

Burung murai air ini sebenarnya bernama latin "HeterophasiaPicaoides", dan burung ini tergabung dalam keluarga burung Timaliidae. Meskipun dikenal sebagai burung bersuara monoton, yakni kebanyakan bernada "ceeerrrrr,,,,ceeerrrr..., atau "ttuuurrrr....ttuuurrrr...", atau juga "tweeetttt....ceeeerrrr". Dinyanyikan dengan volume yang keras dan rapat terdengar asyik, inilah yang menjadikan pas untuk diperdengarkan pada burung murai batu. Untuk bisa membedakan suara burung murai air jantan dengn betina cukup mudah, biasanya murai air jantan volume suaranya lebih kencang dan crecetannya lebih cepat. Sedangkan murai air betina volume suaranya pelan, dan crecetannya juga tak begitu cepat.

Bagaimana ciri-ciri fisik yang bisa dikenali pada burung murai air ini? ya, burung murai air postur fisiknya bagus, tergolong kategori burung ber[ostur sedang, dengan ukuran tubuhnya mencapai 24 cm. Ukuran tubuh pada burung murai air dengan burung murai batu tak banyak perbedaan. Burung murai air juga ekornya ada yang panjang loh, seperti murai batu. Namun, warna bulunya lebih banyak atau didominasi warna coklat. Warna tubuhnya untuk bagian atas adalah berwarna coklat, sedangkan warna tubuh bagian bawahnya berwarna abu-abu. Burung ini memiliki paruh yang berukuran agak panjang dan ujungnya lancip, dan mata berwarna merah saga yang menyorot. Sayapnya agak sedikit kaku, dengan sepasang kaki berwarna gelap.

Sayangnya, burung murai air saat ini agak susah didapatkan, dan memang sejak tahun 2010 yang lalu, burung ini sudah sulit ditemukan. Burung murai air bisa didapatkan di daerah tertentu saja, biasanya hanya penangkar yang masih mengoleksi dan mengembangbiakkan burung murai air ini. Bila di pasaran, burung murai batu stoknya jauh lebih banyak, untuk burung murai ini cukup langka. Solusi untuk mendapatkannya adalah mencari keberadaan penangkarnya.

Burung murai air nampak cantik dan elok, meskipun dari luar begitu menawan, namun burung ini memiliki siat bringas dan agresif. Termasuk kategori burung kicau yang sulit dijinakkan. Tetapi burung ini juga memiliki ketahanan fisik yang cukup bagus, dan muda menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Hanya saja, untuk bisa lebih jinak dengan majikannya diperlukan kesabaran. Yang penting memberinya perawatan terbaik secara rutin, maka burung ini akan selalu tampil prima.

Di habitat aslinya, burung murai air hidupnya berkoloni atau berkelompok. Biasanya ditemukan burung ini bergerombol sekitar 10 ekor dalam satu kawasan. Burung urai air gemar berkelompok karena efektif untuk melindungi diri secara bersama, bila ada burung lain yang masuk ke daerah teritorialnya, maka burung ini tak segan untuk menyerbunya. Kebanyakan burung murai air bergerombol ketika sedang berburu makanan, terutama di dataran dan semak belukar.

Murai air memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi meski banyak yang mencari burung ini, tak sedikit pula yang tidak tertarik dengannya. Buat anda yang berminat untuk berburu burung cantik ini, maka sebelum membeli alangkah baiknya bila tahu harga pasarannya terlebih dahulu. Akan kami coba bagikan kepada anda mengenai daftar harga burung murai air yang berdasarkan dari berbagai media populer. Berikut adalah datar harganya.

Harga Murai Air Harga
Harga Burung Murai Air Rp. 200.000
Harga Burung Murai Air Dewasa Rp. 400.000
Harga Burung Murai Air Ngeriwik Rp. 500.000
Harga Burung Murai Gacor > Rp. 600.000

Itulah beberapa informasi seputar harga murai air yang bisa kami sajikan kepada anda yang membutuhkannya. Semoga daftar harga tersebut bisa berguna, paling tidak sebagai pengetahuan harga secara umumnya. Perlu anda ketahui, bahwasannya harga burung kicau di setap daerah itu berbeda-beda, karena tiap daerah memiliki faktor yang berbeda dalam hal perawatan, ketersediaan pakan, stok barang, dan lain sebagainya. Dan juga harganya juga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi harga di atas bukan harga pasti, sekedar sebagai gambaran.

 

Pengikut