Ciri-Ciri Trucukan Jantan

Advertisement
Advertisement
Burung trucukan adalah salah satu jenis burung kicau yang gemar gacor, dan burung ini di Indonesia sangat populer, terutama di pula Jawa, khususnya di area Jawa Timur. Burung trucukan mempunyai nama ilmiah, yaitu Pycnonotus goiavier. Trucukan termasuk dalam keluarga dari burung kutilang, dan masih tergolon dalam jenis burung cucak-cucak-an, seperti: cucak rawa, cucak kerinci, cucak gunung, dan lain sebagainya.

trucukan jantan

Burung trucukan ini postur tubuhnya termasuk kategori sedang untuk ukuran burung kicau, yaitu sekitar 20 cm. Di setiap daerah di Indonesia, trusukan memiliki sebutan yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan panggilan cercukcuk, sedangkan di Sunda, trucukan dipanggil jogjog. Meskipun berbeda sebutan, yang pasti trucukan memiliki ciri khas yang berbeda dari burung kicau pada umumnya. Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari segi fisik adalah memiliki jambul atau oang-orang menyebutnya "mahkota".

Trucukan menjadi sebutan yang paling umum dan paling populer di negeri ini, dan yang menjadi kelebihan dari burung ini adalah karakter suaranya yang bagus (download: suara trucukan). Trucukan memiliki suara kicauan yang bagus, selain itu juga dapata menirukan suara burung kicau lain, maka banyak yang menyebutnya sebagai burung kicau yang cerdas. Selain mudah dilatih juga termasuk mudah dirawat atau ditangkar, karena termasuk burung kicau yang tidak manja dalam hal perawatan, terutama pemberian pakan.

Sebagian besar kicaumania menyukai burung ini selain karena perawatan yang mudah, juga tergolong burung kicau yang mudah dijinakkan. Trucukan juga merupakan unggas yang memiliki mental yang kuat, karena biasanya burung ini mudah berbaur dengan masyarakat, yaitu sering kali berada di lokasi yang ramai penduduk. Meskipun begitu, trucukan tetap sebagai burung kicau yang lincah, dan tidak mudah ditangkap.

Kebanyakan kicaumania menyukai trucukan jantan karena tentunya yang jantan lebih mudah atau senang berkicau dibanding yang betina. Selain itu, trucukan jantan lebih terlihat sebagai burung kicau petarung, sehingga memiliki mental yang kuat dan memiliki suara kicau yang lantang. Maka dari itu, bagi anda yang tertarik pada burung trucukan jantan tetapi masih bingung cara mengetahui ciri-cirinya, maka akan kami informasikan kepada anda tips untuk mengetahuinya.

Berikut adalah ciri-ciri trucukan jantan:
  • Suara kicau lebih lantang, volume nya keras.
  • Tetap gacor meski dalam kondisi mabung.
  • Kicau ropelnya panjang.
  • Postur tubuh lebih besar.
  • Dadanya terlihat lebih membusung dan tegap.
  • Bulu dadanya terlihat gelap atau berwarna agak hitam.
  • Bulu-bulnya padat atau lebat.
  • Warna mata hitam, dan sorot matanya tajam.
  • Leher lebih kekar.

Itulah beberapa ulasan seputar burung trucukan jantan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat kicaumania dalam mengetahui mana itu trucukan jantan.