Cara Merawat Trucukan Agar Cepat Gacor

Advertisement
Advertisement
Halo sobat kicaumania, selamat pagi, terus semangat memelihara buurng kicau kesayangan. Apabila kita sudah membeli burung trucukan bakalan, dengan cara memilih dari trucukan ombyokan, maka selanjutnya adalah bagaimana caranya agar trucukan tersebut nantinya bisa gacor dengan cepat tanpa ribet. Tentu semua penghobi ingin agar buurng kesayangannya bisa gacor dengan cepat, maka diperlukan perawatan khusus semenjak masih anakan.

trucukan gacor

Burung ini selain dikenal dengan nama populer "trucukan", ada juga suatu daerah yang masyarakatnya menyebutnya "crocokan". Perawatan terbaik burung trucukan agar gacor kuncinya adalah perawatan harian, terutama dalam hal pemberian pakan. Tentunya sobat harus memilih pakan terbaik, pakan yang tepat, pakan yang disukai trucukan. Karena burung yang senang gacor awalnya harus senang dan sehat, jadi tidak membuatnya stres.

Oleh karena itu, kali ini kami akan mencoba berbagi tips membuat trucukan supaya gacor. Adapun caranya bisa anda simak berikut ini:
  • Trucukan termasuk keluarga cucak-cucakan, jadi buurng ini sangat menyukai buah-buahan, maka pastikan bahwa buah-buahan harus tersedia setiap hari.
  • Berikan madu 3 kali dalam seminggu, madu dipercaya dapat memicu timbulnya suara trucukan bakalan. Cara pemberiannya adalah cukup dengan mengoleskan madu pada bagian luar buah-buah yang diberikan.
  • Berikan pakan tambahan yang disukai, diantaranya adalah: jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Pemberian EF ini harus diatur porsinya, jangan sampai kebanyakan. Misalnya, pemberian jangkrik sekitar 2 ekor tiap hari, sedangkan pemberian kroto bisa 1 sendok teh tiap pagi.
  • Coba dengan tidak memberikan pakan voer, hanya dengan pakan buah-buahan dipercaya dapat menjadikan trucukan selain senang bunyi, juga menjadikannya lebih jinak.
  • Hal penting lainnya adalah memandikan dan menjemurnya secara rutin, minimal sekali dalam sehari setiap pagi hari, maksimal sampai jam 9 atau 10 (disesuaikan dengan kondisi).
  • Trucukan termasuk burung yang hidup berkelompok, maka coba pelihara trucukan tidak hanya 1 ekor, tapi lebih banyak, karena kicauan trucukan lainnya juga dapat memancing trucukan tersebut untuk berbunyi  dan menyahutinya.

Oke, itulah beberapa tips-tips seputar cara membuat burung trucukan agar cepat gacor, semoga sobat bisa berhasil dalam membuat trucukan kesayangannya menjadi semakin gacor.