Tips Aman Penanganan Burung Kicau Selama Ditinggal Mudik Lebaran

Advertisement
Advertisement
Selamat siang sobat kicaumania, masih semangat memelihara burung kicau? sebentar lagi akan tiba hari H hari lebaran, dan tentu akan ada libur lebaran yang cukup lama. Bagi sobat kicaumania yang akan mudik lebaran, tentu berfisik keras, bagaimana nasib burung kicau kesayangan bila ditinggal mudik lebaran?

burung kicau

Apalagi libur lebaran ke luar kota yang cukup lama, tentu membutuhkan perawatan, karena bila pakan, minum tidak tersedia, atau mungkin tersedia tetapi kondisinya kotor karena lama tidak diganti tentu hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan burung kicau anda. Bahkan hal ini bisa menimbulkan penyakit hingga kematian.

Selain pakan dan minum yang harus selalu tersedia, harus selalu bersih, tentu harus dalam kondisi yang aman, jauh dari jangkauan binatang pemburu, seperti: tikus, kucing, dan lain sebagainya. Meskipun ada perawatan  yang cukup baik, seperti: pemberian pakan dan minum dengan cara meletakkannya di wadah otomatis yang lama habisnya, tetap hal ini akan menimbulkan kekhawatiran. Masalah kebersihan merupakan hal yang riskan, dan harus selalu terjaga, sedangkan sang pemilik meninggalkannya dalam waktu yang tidak sebentar.

Nah, maka dari itu, kami punya tips yang aman untuk mengatasi burung kicau kesayangan anda selama liburan lebaran. Ada dua cara aman yang akan kami sajikan kepada anda, simak informasinya berikut:

1. Menitipkan ke teman atau jasa
Menitipkan burung kicau ke teman terdekat yang anda percaya menjadi salah satu tips yang aman, tentunya teman sesama kicaumania yang sudah berpengalaman dalam memelihara burung kicau. Karena teman sudah terbiasa merawat burung kesayangannya, maka dari itu tentu akan turut merawat burung kicau milik anda, tentunya juga harus anda kasih jatah biaya sebagai ganti biaya pakan, minum, dan jasa perawatannya.

Bila tidak ada teman yang dititipi, maka cari pedagang atau penangkar burung kicau pengalaman, hanya dengan memeberinya upah tentu harus disesuaikan dengan perjanjian atau akad ya. Ini simpel sekali bukan? yang terpenting adalah burung icau anda tetap terpantau dan terawat dengan baik oleh orang-orang terpercaya.

2. Mengirim ke rumah kampung halaman
Mengirimnya terlebih dahulu ke kampung halaman, baru kemudian anda yang menyusulnya pulang. Ini menjadi alternatif aman kedua, bila anda tidak mendapatkan teman atau jasa untuk dipercaya merawat burung kesayangan anda. Namun, ini hanya cocok buat anda yang memiliki burung dengan jumlah yang tidak banyak, karena bila banyak tentu cukup ribet bukan?

Nah, itulah beberapa tips aman dalam menangani burung kicau selama kita mudik lebaran di kampung halaman. Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu menjadikan mudik anda merasa tenang karena tanpa beban pikiran terhadap keamanan burung kicau yang anda miliki.