Burung Tengkek Buto

Advertisement
Advertisement
Selamat siang sobat kicaumania, kembali lagi bersama kami, kali ini admin akan mengulas tentang burung kicau yang bernama "tengkek buto". Ya, tengkek buto atau nama lainnya yaitu the oriental dollarbird atau nama latinnya Eurystomus orientalis ini merupakan salah satu burung kicau yang meskipun saat ini tidak sepopuler burung kenari dan lovebird, tetapi burung ini sempat merajai perburungkicauan di zamannya saat itu.

tengkek buto

Sebenarnya burung tengkek buto ini bukanlah tergolong dalam jenis burung tengkek, ataupun burung raja udang, namun karena sebagian besar banyak yang menganggap bahwa tengkek buto itu ya burung raja udang, maka ya bukan merupakan masalah yang besar. Perlu sobat ketahui, berdasarkan media terpercaya, bahwa tengkek buto termasuk dalam genus Eurystomus yang termasuk kerabat dari Craciidae.

Nah, tengkek buto saat ini terbagi menjadi 3 spesies, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Eurystomus glaucurus
Eurystomus glaucurus

2. Eurystomus gularis
Eurystomus gularis

3. Eurystomus azureus
Eurystomus azureus

Habitat dan Penyebaran Tengkek Buto
Tengkek buto penyebarannya cukup luas, yaitu meliputi benua Afrika, Australia, dan Asia. Burung ini biasanya hidup di daerah yang pegunungan, tepi sungai, pepohonan yang tinggi, banyak pohon bambu, dan lain-lain.

Makanan Tengkek Buto
Tengkek buto menyukai makanan berupa ikan kecil, udang, dan serangga seperti: jangkrik, dll.

Tentang Tengkek Buto
Burung buto dikenal sebagai burung kicau yang memiliki suara rapat, sangat cocok digunakan untuk masteran (download: suara tengkek buto). Namun, kelemahan burung ini, yaitu seiring bertambahnya umur, maka burung ini suaranya akan semakin melemah drastis, terutama dari segi volume.

Sekian sedikit informasi seputar burung tengkek buto, semoga ulasan yang dapat kami sampaikan ini bisa bergbuna buat sobat kicaumania.