Burung Sun Conure

Advertisement
Advertisement
Sun conure - Burung sun conure merupakan salah satu jenis burung kicau paruh bengkok yang memiliki suara yang bagus dan diperhitungkan oleh kalangan kicaumania, terutama penggemar burung paruh bengkok. Suara kicauannya yang bervariasi menjadi alasan mengapa kicauannya menjadi buruan dan dijadikan sebagai bahan mastering burung kicau.

burung sun conure, sun conure

Burung sun conure atau yang nama latinnya Aratinga solstitialis ini menurut para penangkar, perawatannya terbilang mudah. Selain itu, burung ini juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya ialah bulu-bulunya yang indah, pandai dalam menirukan suara burung kicau lain, dan termasuk burung kicau yang sering kali penasaran dan ingin selalu bersuara.

Pada dasarnya, burung sun conure ini berasal dari benua Amerika, tepatnya di Meksiko. Dan banyak juga yang ditemukan di pulau Karibia. Di negara asalnya, sun conure biasa hidup di daerah pegunungan, persawahan, hutan, dan lain sebagainya. Burung ini termasuk burung yang hidupnya berkelompok, dan senang berpindah-pindah tempat.

Sun conure warnanya nampak cerah, karena kecerahan warnanya yang silau itulah disebut-sebut sebagai burung dengan warna matahari. Sejak dahulu burung ini selalu menjadi perburuan, sehingga populasinya terus menurun hingga abad ke-19. Pada tahun 1980-an, burung ini kembali menjadi burung yang fenomenal dan penggemarnya sangat banyak.

Ukuran tubuh burung sun conure cukup besar, yakni sekitar 30 cm, burung ini sama dengan burung lovebird yakni masih tergolong dalam keluarga Psittacidae. Burung sun conure jantan cukup mudah dikenali, yakni memiliki suara kicauan yang melengking dengan lagu yang bervariasi, sedangkan yang betina lagunya monoton dan suaranya kurang lantang.

Burung sun conure sangat tepat sekali bila dijadikan sebagai burung kicau peliharaan di rumah, karena salah satu kelebihan suaranya yang lantang, maka sangat cocok menjadi burung satpam penjaga rumah. Sun conure sering kali bersuara keras bila didekati oleh orang lain, meskipun sebenarnya burung tersebut dalam kondisi ketakutan. Tetapi kita semua tahu bahwa burung kicau bisanya akan bersuara keras seakan-akan berani, di alam bebas hal ini dilakukan untuk mengusir burung lain yang mendekatinya.

Sun conure termasuk burung kicau yang mudah dirawat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Karena pakan yang bisa diberikan yaitu berupa: biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang mudah didapatkan di toko terdekat.

Itulah sedikit informasi mengenai burung sun conure yang bisa kami utarakan dalam postingan kali ini buat soat sekalian, semoga bisa menambah wawasan.