Langsung ke konten utama

Beragam Jenis Burung Pekutut Lokal

Pekutut lokal menjadi salah satu burung perkutut kebanggaan, mengingat bahwa burung perkutut lokal sejak dahulu kala sudah dikenal masyarakat di Indonesia. Sayangnya, pada zaman dulu, hanya kalangan tertentu saja yang memiliki burung perkutut, sehingga burung ini dianggap sebagai burung yang istimewa.

perkutut lokal

Jika melihat zaman sekarang ini, burung perkutut kurang digemari, karena sudah begitu banyaknya jenis burung kicau yang ngetren dan sudah sangat populer, diantaranya seperti: lovebird, murai batu, kenari, cucak ijo, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi tak sedikit pula sobat kicaumania yang memelihara burung perkutut ini, terutama bagi kicaumania yang mengenal betul burung ini sejak dahulu.

Ya, perkutut terkenal dengan suaranya yang monoton, tetapi jangan salah, banyak juga sobat kicaumania yang menggunakan suara perkutut sebagai bahan untuk memaster burung (sima: suara burung perkutut untuk masteran).

Burung perkutut adalah burung kicau sangat cepat beradaptasi dan mudah sekali dijinakkan. Cukup taruh di dalam kandang paling lama sekitar 1 bulan burung ini sudah bisa "poma" dalam bahasa jawa, yang artinya adalah ketika burung di lepas dari kandang, maka akan pulang dan kembali lagi ke kadangnya.

Memelihara burung perkutut dianggap cukup mudah, karena selain mudah beradaptasi dengan lingkungan juga pakannya yang mudah didapatkan. Burung ini senang dengan pakan berupa: biji-bijian dan serangga kecil. Ukuran tubh perkutut sekitar 21 c, dan panjang ekornya mencapai 5 cm. Ketika berada di alam liar, biasanya burung ini hidup secara berkelompok kecil, berpasang-pasangan. Burung ini biasanya berkembangbiak mulai bulan januari hingga september, unik sekali.

Beberapa ciri umum burung perkutut adalah sebagai berikut:
  • Biasa hidup berpasangan.
  • Pakan favoritnya adalah serangga kecil dan biji-bijian.
  • Terdapat banyak garis-garis pada bulunya.
  • Suara perkutut jantan lebih keras dan lebih nyaring.
  • Uniknya, perkutut bisa menutup hidungnya ketika minum, ini agar tidak kemasukan air.

Perkutut Lokal
Beredar mitos bahwa burung perkutut lokal dianggap memiliki keuatan, dan memberi keberkahan. Ya, itu cuma mitos, yang pasti kita percaya bahwa segala kekuatan dan keberkahan semua datang dari Allah SWT.

Ada beberapa jenis burung perkutut lokak yang paling populer di Indonesia, mulai dari perkutut Jawa, perkutut Sumba, perkutut Papua, dan perkutut Tanibar. Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

1. Perkutut Jawa
Perkutut jawa paling banyak dan paling mudah ditemui di pasaran, dan burung perkutut jawa terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkutut biasa dan perkutut bangkok. Ciri burung perkutut jawa yang paling mencolok adalah terdapat garis-garis pada bulunya.

2. Perkutut Sumba
Burung perkutut jenis ini paling banyak ditemukan di daerah sekitar lombok, sumbawa, dan timor. Ciri yang paling mencolok adalah terdapat warna hitam dan bintik-bintik putih di bagian leher hingga punggungnya, serta matanya berwarna kuning.

3. Perkutut Papua
Perkutut papua jelas burung ini menyebar di wilayah Papua dan sekitarnya. Ciri utamanya adalah warna putih mulai dari bagian kepala hingga lehernya, sedangkan bagian punggung hingga ekor berwarna coklat kemerahan.

4. Perkutut Tanimbar
Burung jenis ini banyak ditemukan di daerah Tanimbar, Maluku Tenggara Barat. Ciri fisik agak mirip dengan perkutut Jawa, cuma postur lebih besar sedikit.

Itulah beberapa uraian tentang burung perkutut lokal yang paling populer di negeri ini, semoga informasi ini dapat menjadi sebuah pengetahuan bagi sobat kicaumania yang mungkin sebelumnya belum tahu betul mengenai burung perkutut, terutama perkutut lokal.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…