Penyebab Ciblek Mati Mendadak

Advertisement
Advertisement
Fenomena burung mati mendadak memang jadi masalah tersendiri untuk pemiliknya. Tidak hanya satu atau dua kali saja, melainkan sangat sering terjadi. Baik itu Pleci, Lovebird, Kenari, atau pun burung kicau lainnya, semuanya memiliki resiko untuk mengalami mati mendadak.

ciblek mati

Ciblek contonya.  Terkadang burung ini sering terlihat lemas, lesu, dan tidak bertenaga. Dan pada hari yang sama burung ini pun akan mati. Penyebab Ciblek mati mendadak pun terkadang masih sulit untuk diketahui. Pasalnya, kondisi ini terlalu mendadak. Bahkan beberapa burung juga masih terlihat sehat, lalu tiba-tiba Ia tersungkur dan mati.

Namun setelah diteliti dan ditelusuri lebih lanjut, ada beberapa hal yang bisa dijadikan alasan kenapa burung bisa mati mendadak. Biasanya hal-hal tersebut merupakan kesimpulan yang diambil dari keadaan burung sebelum mati.

Beberapa Penyebab Burung Ciblek Mati Mendadak
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan alasan kenapa burung bisa mati mendadak:

1. Stroke akibat penjemuran
Menjemur burung memang baik. Tapi ingat, menjemur juga harus dilakukan sesuai aturan. Ya, dalam menjemur, pemilik tidak boleh menjemur burungnya lebih dari jam 10 pagi, atau 2 jam. Dengan perawatan seperti burung akan jadi lebih sehat, bugar, dan pastinya tidak memiliki resiko stroke.
Stroke pada burung sendiri diakibatkan karena dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat dijemur terlalu lama dan tidak mendapat asupan minum yang cukup, burung pun akan mengalami dehidrasi. Setelah itu, burung akan terkena stroke dan akhirnya mati.

2. Terlalu stres
Tidak hanya stroke. Burung yang terlalu stres juga memiliki resiko tinggi mengalami mati mendadak. Penyebab burung Ciblek mati mendadak ini adalah satu dari beberapa penyebab yang paling umum terjadi, terlebih lagi untuk burung tangkapan.

Saat burung ini ditangkap dan diberi perawatan yang berbeda dari biasanya, Ia akan cenderung canggung, merasa asing, dan kalut. Jika dibiarkan seperti ini terus, burung pun akan stres. Imbasnya, burung akan jadi uring-uringan, stres, kemudian mati.

3. Terkena polusi udara
Burung merupakan makhluk hidup yang memerlukan udara untuk bertahan hidup. Namun saat kualitas udara yang dihirup burung itu buruk, atau bahkan beracun, burung pun akan jatuh sakit, keracunan, dan akhirnya burung akan mati dengan tiba-tiba.

4. Memakan makanan yang beracun
Penyebab Burung Ciblek mati mendadak ini terkadang tidak disadari banyak pemilik. Tapi kenyatanya, tidak sedikit burung yang mati gara-gara memakan pakan yang berkualitas buruk dan beracun. Baik itu EF atau pun Voer, jika itu adalah makanan yang beracun atau memiliki indikasi beracun, baiknya Anda hindari untuk mencegah kematian burung.

5. Pakan yang abnormal
Pemberian pakan khusus seperti jamu atau ramuan memang tidak masalah jika diberikan untuk burung. Tapi Anda juga harus berpikir rasional. Pasalnya, tidak semua jamu atau ramuan itu berdampak baik untuk semua burung. Ada yang cocok, tapi ada juga yang tidak cocok dengan ramuan atau jamu, apalagi jika jamu atau ramuan itu adalah ramuan yang berbahaya dan beresiko merenggut nyawanya.

Nah, itulah beberapa hal-hal yang bisa dijadikan alasan sebagai penyebab Ciblek mati mendadak. Penyebab di atas merupakan penyebab yang paling umum terjadi. Maka dari itu, untuk menghindarkan burung mati mendadak, sebaiknya hindari semua penyebab di atas dan rawatlah burung dengan kualitas perawatan terbaik, agar burung sehat, fit, dan kualitasnya pun terjaga.