Jenis Penyakit yang Sering Diderita Ciblek

Advertisement
Advertisement
Kondisi Burung Ciblek yang sakit memang sering kali mengkhawatirkan. Kendati bisa ditangani dengan beragam perawatan, tapi tetep saja, pemilik akan merasa takut saat burung kesayangan mereka sakit. Kondisi seperti ini memang lumrah terjadi, apalagi jika kondisi burung sedang menderita penyakit serius. Pemilik haruslah terus merawat dan menangani segala macam penyakit yang diderita burung kesayangannya.

penyakit ciblek, ciblek sakit

Tapi perlu Anda ingat. Sebelum melakukan penanganan, ada baiknya Anda ketahui penyakit yang sering dialami Ciblek. Penyakit-penyakit tersebut umumnya memiliki penyebab dan tindakan penanganan yang berbeda-beda. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan jadi lebih mudah memperbaiki kondisi burung.

Penyakit yang Sering Diderita Burung Ciblek, dan Solusinya
Berikut adalah beberapa penyakit yang sering dialami burung, lengkap dengan beragam solusi yang bisa Anda lakukan:

1. Stres
Kondisi stres biasanya dipengaruhi oleh perawatan, lingkungan, dan sangkar yang asing bagi burung. Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan jadi semakin parah dan bisa membuat burung mati. Ciri dari penyakit ini adalah kondisi burung yang uring-uringan, tidak mau makan, berkicau, dan sering menabrakan diri ke sangkar.

Solusinya, Anda cukup berikan burung ini vitamin anti stres, lakukan pengerodongan, dan tempatkan di tempat yang sepi, teduh, dan terhindar dari kebisingan. Jangan lupa untuk tambahkan EF (extra food) agar burung lebih rileks dan segar.

2. Kaki bengkak
Penyakit yang sering dialami Burung Ciblek ini umumnya diakibatkan oleh benda tajam, gigitan serangga, dan tangkringan yang tidak nyaman. Saat burung mengalami penyakit ini, kakinya akan bengkak, mengeras, serta jalannya pun pincang.

Solusinya, kompres kaki yang bengkak dengan air hangat secara teratur. Jangan lupa untuk berikan juga EF dan pakan yang cukup. Selain itu, multivitamin burung yang juga dianjurkan agar kondisi burung tetap fit dan kembali pulih.

3. Berak kapur/putih
Penyakit ini merupakan kondisi dimana burung mengalami berak yang berwarna putih dan cenderung mirip kapur. Ciri utama dari penyakit ini ialah kondisi burung yang lesu dan bentuk kotoran yang sedikit cair dan berwarna putih, beberapa juga mirip kapur. Penyebab utamanya sendiri karena sanitasi dan kualitas pakan yang buruk.

Cara mengatasi penyakit yang sering dialami Ciblek ini bisa dilakukan dengan membersihkan kandang secara teratur, membersihkan pakan sebelum diberikan, dan memberikan pakan dengan kualitas unggulan.

4. Pilek/flu
Kondisi ini umumnya disebabkan karena virus influenza yang masuk dan menjangkit tubuh burung. Biasanya, virus ini akan cepat tumbuh dan berkembang saat pergantian cuaca. Ciri dari penyakit ini ialah kondisi burung yang lemas dan memiliki cairan mirip ingus yang keluar dari hidungnya.
Solusinya, Anda cukup berikan multivitamin pada burung. Berikan kerodong saat kondisi cuaca dingin. Dan jangan lupa untuk memberikan perawatan rutin. Anda juga bisa menambah asupan EF agar burung jadi lebih segar dan sehat.

5. Radang mata
Jenis penyakit yang sering dialami Ciblek ini umumnya disebabkan oleh debu atau kotoran yang masuk pada mata. Kendati sepele, namun jika dibiar dalam jumlah banyak, debu tersebut akan membuat mata burung iritas, memerah, dan bukan tidak mungkin mata burung juga akan bengkak.
Cara mencegah dan mengatasi penyakit ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan sangkar burung. Atau jika kondisi burung memang sudah parah, Anda bisa berikan salep mata khusus pada burung. Hal ini akan membuat iritasi atau pun radang jadi berkurang.

6. Rontok bulu/ngurak
Penyakit ini merupakan kondisi burung yang kehilangan bulunya karena rontok. Penyebabnya bisa karena kutu, pakan yang kurang berkualitas, atau pun karena protein yang kurang. Yang jelas, penyakit yang sering dialami Ciblek ini dapat dilihat dari kondisi bulu yang gundul dan jarang.
Untuk mengatasinya, Anda harus memberikan perawatan bulu yang ekstra ketat. Bisa dengan rajin mencuci bulu dengan sampo khusus, atau pun bahan alami untuk mengusir kutu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan asupan protein yang lebih untuk menjaga kesehatan dan kualitas bulu.

7. Cacingan
Cacingan umumnya disebabkan karena pengaruh parasit yang tumbuh dan berkembang dalam tubuh burung.  Penyebabnya bisa karena sanitasi yang buruk atau pun pengaruh pakan yang kotor dan kurang berkualitas. Ciri dari penyakit ini ialah kondisi burung yang lesu dan kurang bertenaga, badan yang kurus, dan tubuh yang lunglai.

Cara terbaik untuk mengatasinya ialah dengan memberikan obat cacing khusus burung. Sedangkan untuk mencegahnya, pastikan kondisi sangkar dan pakan selalu bersih dan terbebas dari kotoran.
Itulah tadi jenis penyakit yang sering dialami Ciblek. Penyakit-penyakit di atas umumnya disebabkan karena kebersihan pakan dan sangkar yang burung, kualitas perawatan yang jelek, dan pengaruh virus. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit ini datang, pastikan untuk selalu memberikan pakan, kandang, dan kualitas yang berkualitas. Kalau perlu, lakukan pemberian vitamin secara rutin dan teratur.