Langsung ke konten utama

Ciri Murai Batu Betina, Dewasa dan Bakalan

Hallo sobat kicaumania, kembali lagi bersama kami admin budidayakenari, kali ini kami akan berbagi sedikit info seputar tips membedakan burung murai batu betina. Murai batu betina harus diketahui karena nantinya yang akan melahirkan anakan-anakan, sehingga ternak bisa lebih cepat tanpa harus pusing-pusing untuk mikirin mana itu murai batu betina ataupun yang jantan. Sebenarnya cara menentukan murai batu jantan itu lebih mudah, karena biasanya murai batu jantan senang berkicau atau gacor dengan suara yang lantang dan merdu (download: suara murai batu). Berbeda halnya dengan betinya yang meskipun berkicau itupun tidak sering, dan kicauannya tidak keras (simak: suara murai batu betina).

murai batu betina, murai batu betina bakalan, murai batu betina dewasa

Bagi sobat kicaumania yang belum mengetahui ciri murai batu betina melalui suara, maka terlebih dahulu sobat cari tahu ciri fisiknya. Sebenarnya ada beberapa ciri untuk mengetahui murai batu betina, bagi sobat penangkar yang terbilang senior tentu hal ini bukanlah hal yang susah, tetapi bagi sobat penghobi pemula atau awam, tentu ini menjadi sebuah kesulitan. Bahkan, tak sedikit sobat kicaumania yang tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab akan masalah ini, pembeli menginginkan murai batu jantan malah dikasih yang betina, entah itu disengaja atau tidak yang pasti karena ketidaktahuan ini tentu menjadi sebuah kerugian.

Bagi sobat kicaumania yeng belum tahu cara mengetahui ciri-ciri murai batu betina, maka tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu seputar tips mengetahui murai batu betina. Khususnya murai batu betina dewasa yang siap menjadi indukan dan akan dijodohkan, sehingga beternak murai batu bisa lebih mudah dan sukses. Kami juga akan berbagi tips mengetahui ciri murai batu betina bakalan, seilahkan simak poin-poinnya di bawah ini.

Ciri-ciri murai batu betina dewasa:
  • Badan lebih kecil.
  • Bulu-bulunya sebagian besar berwarna abu-abu agak kehitaman, dan tidak mengkilat (kusam).
  • Bagian dada bulunya berwarna coklat muda.
  • Bagian punggung berwarna putih, dan agak menyempit.
  • Ekor lebih pendek dan kecil.
  • Kepalanya juga lebih kecil.
  • Matanya standar tidak begitu menonjol.
  • Paruh agak kecil dan sedikit melengkung kecil.
  • Kaki lebih pendek, dan bila dipegang tulangnya agak kecil.
  • Supit udang atau pubis bila disentuh terasa lunak, dan agak membuka.
  • Suaranya lebih kecil, pelan, dan monoton (tidak berubah).
Ciri-ciri murai batu betina bakalan:
  • Postur fisiknya kecil.
  • Kepalanya kecil, paruhnya kecil dan melengkung.
  • Bulu-bulunya berwarna abu-abu dan terlihat kusam.
  • Jari-jari kakinya pendek, sisik dan kulitnya halus.
  • Suaranya rapat, tidak berisi.

Sebenarnya murai batu betina dewasa maupun bakalan memiliki ciri-ciri yang tak jauh berbeda, hanya saja postur yang dewasa lebih besar, begitu sebaliknya. Nah, sekarang sudah tahu kan cara mengetahui ciri murai batu betina bakalan dan dewasa?

Kami akhiri cukup sampai di sini penjelasan kali ini mengenai murai batu betina, semoga dapat bermanfaat buat sobat yang sedang mencari informasi seputar murai batu betina.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…