Manfaat Menjemur dan Memandikan Ciblek, Lengkap dengan Caranya

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek yang sehat dan memiliki top performence pastilah didambaan setiap pemiliknya. Tapi, untuk mendapatkan burung seperti itu, haruslah melakukan beragam perawatan dan pelatihan khusus, beberapa di antara adalah dengan menjemur dan memandikan burung.

menjemur ciblek

Manfaat menjemur dan memandikan Ciblek sendiri sudah tidak terhitung jumlahnya. Bisa untuk menjaga kesehatan, kebersihan, meningkatkan performa, sampai dengan menghindarkan kutu dari bulu burung. Nah, dengan manfaat yang sedemikian rupa, pantas jika banyak orang beranggapan kalau dengan menjemur dan memandikan burung akan meningkatkan kualitas burung.

Tidak hanya memiliki manfaat yang beragam. Perawatan ini pun sangat mudah dilakukan. Untuk itulah, perawatan ini pun sering dijadikan sebagai perawatan harian yang senantiasa dilakukan setiap hari. Karena selain memiliki banyak manfaat, metode dalam melakukan perawatan ini pun terbilang mudah dan dapat terapkan oleh siapa saja, bahkan orang yang masih baru sekali pun.

Ragam Manfaat Menjemur dan Memandikan Burung Ciblek
Berikut adalah beberapa manfaat yang sering ditemui jika sering menjemur dan memandikan burug secara rutin dan teratur:

Manfaat menjemur burung
1. Terjadinya peningkatan hormon testosteron, estrogen, dan prongesteron, sehingga dapat merangsang peningkatan birahi burung.
2. Mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh, sehingga memaksimalkan proses penyerapan sari makanan dalam tubuh.
3. Meningkatkan asupan vitamin D3 yang baik untuk struktur tulang, metabolisme, dan organ dalam burung.
4. Mengatasi dan mencegah pertumbuhan kutu yang dapat menjangkiti bulu burung dan mengakibatkan burung malas gacor.
5. Menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri dalam sangkar, sehingga kesehatan burung lebih terjaga karenanya.

Manfaat memandikan Burung Ciblek
1. Menjaga kebersihan tubuh burung.
2. Mengurangi tingkat stres pada burung.
3. Mengatasi over birahi yang bisa sebabkan karena terlalu dijemur.
4. Meningkatkan stamina dan kebugaran burung.
5. Mempercepat proses penjinakan burung yang masih liar atau giras.

Tata Cara Serta Tips Menjemur dan Memandikan Burung
Di bawah ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan saat menjemur dan memandikan burung setiap pagi:

Tips dan cara menjemur burung
1. Burung merupakan makhluk hidup yang membutuhkan sinar matahari untuk bisa berkembang, jadi pastikan untuk selalu menjemur burung saat pagi hari.
2. Penjemuran sebaiknya dilakukan sedikitnya 1 jam, atau paling banyak 2 jam.
3. Untuk mencegah over birahi, cara terbaik menjemur Burung Ciblek adalah menghindarkan proses penjemuran di atas jam 10 pagi, atau meminimalisir durasi penjemuran.
4. Agar burung tidak dehidrasi saat proses penjemuran, dianjurkan untuk memberikan air minum minimal setengah cepuk air.
5. Proses penjemuran juga bisa dibarengi dengan pemasteran. Dengan cara ini, kualitas dan performa burung akan semakin meningkat.

Tips dan cara memandikan burung
1. Proses pemandian sebaiknya dilakukan rutin setiap pagi. Tepatnya setelah burung menjalani pengembunan, sekitar jam 7.00 atau 7.30 pagi.
2. Pemandian pun bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu metode penyemprotan dan keramba. Untuk yang satu ini, tergantung dari burung, apakah suka mandi dengan disemprot atau mandi sendiri dengan keramba.
3. Agar kondisi burung tetap fit dan mencegah timbulnya penyakit, cara terbaik memandikan Burung Ciblek haruslah didahului dan diakhiri dengan proses pengangin-anginan yang dilakukan setidaknya 20 – 30 menit.
4. Jika Anda ingin menjalani terapi mandi malam, sebaik lakukan jika burung dalam kondisi sehat saja. Waktunya pun harus ideal, jang terlalu malam, apalagi terlalu sore. Idealnya, waktu yang tepat untuk terapi mandi malam ialah jam 7.30 sampai 8.00 malam.

Itulah tadi, beragam manfaat menjemur dan memandikan Ciblek, lengkap dengan caranya masing-masing. Intinya, menjemur dan memandikan burung sendiri akan meningkatkan kualitas dan performanya. Tapi, jika Anda melakukan cara ini secara rutin dan teratur, maka kualitas dan performa yang didapatkan akan semakin baik dan bisa memuaskan Anda.