Burung Kutilang Sutra

Advertisement
Advertisement
Kutilang sutra adalah salah satu burung kicau yang cukup terkenal di negeri ini, meskipun burung ini tak setenar burung murai batu dan lovebird. Terkadang burung ini menjadi bahan pembicaraan yang hangat bagi sebagian besar kicaumania, karena beberapa kelebihan yang dimiliki dan diperhitungkan. Burung kutilang sutra masih termasuk dalam jenis burung kutilang, dan sudah tak sedikit yang memeliharanya sebagai burung peliharaan di rumah. Maka, bagi sobat kicaumania belum lengkap rasanya bila belum memiliki burung yang unik satu ini.

burung kutilang sutra, kutilang sutra

Ternyata, burung kutilang yang populer ini sempat menjadi perhatian kicaumania di Indonesia, mengingat bahwa burung dianggap memiliki suara kicauan yang merusak suara burung lainnya. Namun anggapan itu hanya sebatas anggapan yang ternyata kutilang sutra suaranya bukanlah merusak tetapi justru banyak kicaumania yang menggunakannya sebagai bahan untuk pelatihan burung kicau. Nah, karena sudah banyak yang menganggao burung kutilang sutra ini suaranya bagus dan tidak merusak, maka tak sedikit pula yang memeliharanya di rumah, bahkan menangkarnya. Jadi, sekarang tidak perlu khawatir lagi dalam memilih burung kicau untuk dipelihara di rumah, karena justru semakin bagus mengoleksi banyak burung kicau.

Biasanya perbedaan yang paling menonjol antara kutilang jantan dengan kutilang betina adalah diliat dari bagian dagunya. Burung ini terkenal dengan suara kicauannya yang snagat merdu, namun banyak yang mengangap suaranya meskipun merdu tetapi "monoton". Tetapi yang pasti suara kutilang sutra sangat bagus bila dijadikan sebagai bahan memaster burung kicau terbaik lainnya, seperti: kenari, murai batu, kacer, cucak ijo, dan lain sebagainya.

Kutilang sutra paling banyak menyebar luas hingga ke pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Biasanya burung ini tinggal di perbuktian-perbukitan, pegunungan, dataran tinggi yang banyak pepohonan, hutan, dan lain-lain. Hidupnya secara berkelompok, bersama-sama baik ketika berada di suatu daerah maupun pindah ke daerah yang lain. Dan setiap kelompok biasanya memiliki pemimpin, yaitu pejantan yang memiliki suara kicauan yang paling keras dan lantang dengan postur yang paling besar. Kutilang ini mampu menyerang burung kicau pengganggu yang datang, sehingga wajar bila burung ini juga disebut sebagai burung petarung yang tidak hanya bagus dalam berkicau tetapi juga memiliki mental yang kuat. Sedangkan makanan burung kutilang sutra ini adalah beragam jenis buah-buahan dan serangga-serangga kecil.

Sekian kami akhiri serba-serbi tentang mengenal burung kutilang sutra, semoga informasi kali ini bisa menjadi secercah wawasan buat sobat sekalian. Sebelumya sudah kami ulas artikel mengenai burung kutilang, yaitu "suara kutilang" dan "kutilang emas".