Ciri-Ciri Kutilang Emas

Advertisement
Advertisement
Pasti sobat kicaumania sudah pada mengenal burung satu ini, kutilang. Sudah sejak dahulu burung ini menjadi burung yang populer, bahkan ada sebuah lagu yang berjudul "kutilang" yang berarti menunjukkan bahwa burung kutilang termasuk salah satu jenis burung yang istimewa, selain penampilannya yang menawan juga pandai dalam bernyanyi (simak: suara kutilang).

kutilang emas

Di Indonesia sendiri burung kutilang penyebarannya tidak begitu merata, hanya di daerah-daerah tertentu saja terdapat burung ini. Meskipun begitu, kepopulerannya tidak bisa diragukan lagi, bahkan melebihi kepopuleran burung kicau lainnya. Ada dua jenis burung kutilang yang populer di Indonesia, yaitu kutilang biasa dan kutilang emas.

Kali ini admin akan membahas seputar burung kutilang emas, atau yang dinamai dengan istilah Pycnonotus Melanicterus. Umumnya, masyarakat lebih mengenal kutilang biasa, sedangkan kutilang emas namanya tidak begitu populer. Meski demikian, banyak yang penasaran dengan kutilang ini dan memburunya di pasaran.

Mengingat populasi kutilang emas yang sedikit di negeri ini, maka merupakan hal yang wajar bila kutilang emas tidak begitu populer. Umumnya, warna dominan pada kutilang emas adalah kuning kehijauan, sedangkan kutilang biasa berwarna abu-abu agak kecoklatan. Adapun bila dilihat dari segi postur, maka ukuran fisiknya tak jauh berbeda.

Di daerah tertentu, ada yang menyebut kutilang emas ini dengan panggilan "cucak kuning", dan burung ini masih termasuk dalam keluarga Pycnonotidae. Di Indonesia, kutilang emas penyebarannya hingga pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Bali. Selain itu, burung ini juga menyebar luas hingga ke luar negeri, yaitu hingga Asia Selatan, terutama paling banyak ditemukan di India.

Burung kutilang termasuk burung yang suka menetap di suatu daerah, terutama berada di daerah yang banyak pepohonan. Burung ini akan pindah bila benar-benar terpaksa, karena mulai menipisanya stok pepohonan yang sudah tidak rindang lagi, selain itu juga karena menipisanya stok makanan. Tetapi, kutilang bukan tipe buurng yang manja, jadi makanan termasuk mudah didapatkan.

Burung kutilang biasanya hidup dan tinggal secara berkelompok, minimal terdapat 5 ekor di suatu tempat. Biasanya juga secara bersamaan berkicau merdu, dan banyak yang mengakui bahwa kutilang termasuk burung kicau petarung yang pandai dalam berkicau. Maka, tak sedikit kicaumania yang menggunakan kicauan kutilang emas ini sebagai suara untuk masteran.

Kutilang emas bagian kepalanya berwarna hitam, leher bawah hingga perut bagian bawah berwarna kuning. Sedangkan tubuh bagian atas, dan sayapnya berwarna merah kehijauan. Ekornya agak panjang, dan kakinya terlihat tebal dan kokoh. Kutilang jantan cukup mudah dikenali, biasnayan pejantan paling senang berkicau dengan kicauan yang bervariasi.

Itulah penjelasan singkat seutar burung kutilang yang bisa kami sajikan kepada sobat kicaumania pada kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi sebuah wawasan yang bermanfaat (baca juga: kutilang sutra).