Ciri-Ciri Ciblek yang Sedang Sakit

Advertisement
Advertisement
Setiap pemilik pastilah menginginkan kondisi kesehatan Ciblek yang baik. Tapi apa daya. Saat kondisi sakit ini melanda, pemilik hanyalah bisa merawat dan memberikan penawar dari sakit itu sendiri. Setelah itu, mereka pun hanya berharap kondisi burungnya agar kembali pulih dan sehat seperti semula.

ciblek sakit

Umumnya, kondisi tersebut terjadi akibat kelalaian pemilik yang tidak tahu ciri ciri Ciblek sedang sakit. Dengan tidak adanya pengetahuan akan hal tersebut, mereka pun tidak bisa mencegah dan meringankan gejala penyakit yang menjangkiti burung mereka.

Sebenarnya ciri dari burung yang sakit sendiri mudah dikenali. Karena saat sakit, kondisi burung tidaklah jauh berbeda dengan kondisi manusia saat sakit. Karena pada dasarnya, ciri makhluk hidup yang sakit, baik itu burung atau pun manusia memiliki banyak kesamaan. Hanya saja, ada beberapa perbedaan mendasar antara manusia dan burung.

Tanda-tanda Burung Ciblek yang Sedang Sakit
Beberapa ciri mungkin mengarah ke fisik, tapi yang lainnya akan mengarah ke mental dan perilaku burung. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri yang dimaksud:

1. Perubahan pada kondisi dan sorot mata burung
Burung yang sakit umumnya memiliki sorot mata yang lemas dan lesu. Namun, beberapa di antaranya justru memiliki kondisi yang lebih parah, keluarnya air dari mata, bengkak, susah dipejamkan, iritasi, atau pun beragam gejala mata lainnya.

2. Kondisi sayap yang lusuh dan tidak terawat
Tidak hanya mata. Ciri lain dari burung yang sakit bisa juga Anda lihat dari kondisi sayapnya. Saat kondisi sayap terlihat berantakan, lusuh, kusut, atau pun lemas, bisa jadi burung tersebut memiliki sebuah penyakit yang sedang diderita.

3. Pendiam
Ciri utama Ciblek yang sedang sakit ini paling mudah dikenali. Saat kondisi ini terjadi, maka lakukan analisa dengan segera. Cari tahu apa penyebabnya. Jika itu penyakit, maka segeralah carikan penawarnya.

4. Berkurangnya nafsu makan
Sama halnya dengan ciri nomor 3. Ciri ini pun kerap kali dialami burung, terlebih lagi saat awal sakit. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan dan analisa yang tepat saat kondisi nafsu makan burung berkurang atau bahkan hilang.

5. Berkurangnya keseimbangan tubuh
Penurunan keseimbangan biasanya terjadi karena kondisi tubuh burung yang lemas akibat penurunan kesehatan atau pun penyakit. Maka dari itu, tindakan terbaik dari kondisi ini adalah dengan memeriksa kondisi kesehatan burung, lalu dilanjutkan dengan memberikan penanganan yang tepat untuk burung.

Itulah 5 ciri-ciri Ciblek yang sedang sakit. Kelima ciri di atas merupakan ciri yang paling banyak ditemui. Kendati masih banyak ciri yang lain, namun ciri di ataslah yang paling mudah dikenali dan paling cocok diterapkan sebagai indikator karena kondisi kesehatan burung.