Mengatasi Burung Ciblek Sakit Sesak Nafas

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek merupakan burung dengan karakter yang mirip dengan burung pada umumnya. Saat kualitas kesehatannya menurun, beragam penyakit pun akan mudah masuk dan menjangkiti tubuh burung. Baik itu penyakit ringan atau berat, yang jelas penyakit ini akan merusak dan mengganggu penampilan serta performa burung.

ciblek sesak nafas

Dari banyaknya penyakit yang ada, sesak nafas merupakan penyakit yang paling dihindari. Selain mengancam kesehatan dan performa burung, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini pun bisa saja merenggut dari nyawa burung itu sendiri.

Pada dasarnya, mengatasi Ciblek sakit sesak nafas sendiri bisa dilakukan secara mandiri. Hanya saja, demi keamanan dan kesehatan burung, sangat dianjurkan untuk membawa burung ini ke dokter hewan. Tentu saja, alasan utama dari tindakan ini adalah karena fasilitas dan perawatan yang diberikan dokter hewan akan sesuai dan tepat dengan kondisi saat itu.

 Tapi, jika Anda tetap bersikeras untuk merawat dan mengatasi masalah ini sendiri, ada beberapa metode dan cara yang bisa digunakan. Tapi, Anda juga harus ingat. Cara dan metode ini sebaiknya dilakukan secara intensif dan sesuai anjuran.

Cara Mengatasi Ciblek yang Sakit Sesak Nafas dengan Metode dan Cara Mandiri
Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan mengatasi sesak nafas pada burung secara mandiri dan tanpa menggunakan tenaga medis:

Perawatan awal
1. Untuk mencegah kondisi yang parah, pindahkan sangkar burung ke tempat yang lebih ideal dan terhindar dari ventilasi atau pun tempat perputaran udara berlangsung.
2. Tutup sangkar burung dengan koran. Pastikan ketiga sisi dari sangkar tersebut tertutupi dengan baik dan tidak memiliki celah sedikit pun.
3. Untuk mengurangi gejala sesak nafas, berikan air hangat dan minyak kayu putih untuk burung. Uap dari air hangat tersebut akan dihirup burung, sehingga rongga pernapasannya akan mengalami pemekaran dan mengurangi gejala sesak nafas.
4. Cara mengatasi Burung Ciblek yang sakit sesak nafas pun dilanjutkan dengan menghisap ingus atau lendir di celah mulut dan palatumnya. Untuk memudahkan proses ini, gunakan cotton bud atau kapas untuk menghisap lendir atau ingus tersebut.
5. Jangan lupa untuk memberikan lampu di atas sangkar burung. Idealnya, untuk mengurangi gejala sesak nafas ini burung harus berada ruangan normal dengan suhu 320 – 350 Celsius.

Perawatan akhir
1. Setelah kondisi burung membaik dan gejala sesak nafas menghilang, lakukan perawatan harian seperti biasa.
2. Untuk memperbaiki kondisi kesehatan burung yang lemah akibat sesak nafas, berikan Ia multivitamin burung yang banyak dijual di pasaran.
3. Jangan lupa juga untuk meningkatkan asupan EF yang bergizi dan berkualitas baik.
4. Bersihkan juga kandang, sangkar, cepuk, keramba, dan beragam perabotan burung lainnya untuk menghindari penularan penyakit serupa pada burung.

Itulah beberapa cara dan metode untuk mengatasi Ciblek yang sakit sesak nafas. Kendati dilakukan secara mandiri, asalkan proses dan metodenya dilakukan dengan benar dan sesuai anjuran, kondisi burung yang sesak akan segera membaik dan sembuh.