Cara Menghilangkan Kutu Pada Ciblek

Advertisement
Advertisement
Bulu Ciblek memang tidak seindah Lovebird, Murai Batu, atau pun burung kicau lainnya. Tapi hal tersebut tidak boleh membuat Anda acuh terhadap perawatan bulu. Walaupun bulu burung ini tidak terlalu cantik, namun dengan perawatan yang rutin, setidaknya kondisi bulu akan terlihat sehat dan terhindar dari gangguan kutu.

ciblek kutuan

Kutu sendiri merupakan parasit yang sering mengganggu burung, karena Ia biasanya berkembang biak pada bulu burung. Kendati tubuhnya kecil, aktivitas kutu yang sering menghisap darah membuat burung jadi malas berkicau, lesu, dan lebih sering mencabuti bulu-bulunya.

Kondisi ini memang wajar. Pasalnya, saat kutu-kutu tersebut menjangkiti dan menghisap darah Ciblek, burung ini pun akan merasakan gatal. Dengan begitu, Ia akan mencabuti dan menggaruki bulu-bulunya agar rasa gatal tersebut hilang.

Cara Menghilangkan Kutu pada Bulu Ciblek
Berikut adalah beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu yang sering menjangkiti bulu burung:

Metode air beras
Metode yang satu ini merupakan metode alami yang aman, jadi bisa digunakan untuk mengatasi kutu tanpa takut bahaya efek samping. Berbeda dengan obat kutu berbahan kimia. Air tajin sendiri dapat menembus lapisan lilin pada bulu burung tanpa harus merusaknya.

Jika dilakukan secara rutin, memandikan burung dengan air tajin dapat membuat kondisi burung jadi lebih segar, sehat, dan pastinya terbebas dari telur dan kutu yang menjangkitinya. Cara memandikan burung dengan metode ini pun terbilang gampang.

Adapun metode atau cara menghilangkan kutu pada Burung Ciblek dengan air tajin adalah berikut:
  • Pertama, siapkan beberapa ml air tajin 
  • Kemudian pegang burung dengan perlahan dan pastikan kondisinya tetap rileks dan nyaman
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menyemprot bulu burung dengan air tadi
  • Lakukan cara ini sampai kondisi burung basah kuyup 
  • Jika sudah, biarkan sampai kering 
  • Sembari menunggunya kering, Anda bisa mencari dan menghilangkan kutu-kutu tersebut secara manual dengan tangan atau pun jepitan. 

Nah, itulah tadi cara-cara mengatasi kutu pada pada burung. Semoga setelah Anda menerapkan cara menghilangkan kutu pada Ciblek di atas, kondisi bulu jadi lebih sehat dan burung pun jadi rajin berkicau seperti sedia kala.