Cara Mengatasi Telur Ciblek Yang Tidak Menetas

Advertisement
Advertisement
Merawat Burung Ciblek memang jadi hal yang menarik, terlebih lagi untuk mereka yang suka dan hobi dengan burung yang satu ini. Pola perawatan yang mudah dan kualitas burung yang mudah didapat jadi hal yang paling menyenangkan untuk pecinta burung. Tapi perlu diingat. Tidak semua kegiatan merawat burung itu sesuai dengan yang Kita inginkan.

telur ciblek tidak menetas, ciblek menetas

Telur yang gagal menetas misalnya. Kondisi ini bisanya terjadi akibat beberapa hal. Tapi yang jelas, saat seekor indukan tidak bisa menetaskan telur, ada sesuatu yang salah dengan perawatan dan indukan itu sendiri. Bisa saja perawatan yang Anda berikan itu salah. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau indukan yang Anda rawat itu kurang produktif.

Beragam pertanyaan pasti muncul dibenak Anda, beberapa diantaranya pasti tentang penyebab telur Ciblek tidak menetas dan cara mengatasinya. Sebenarnya, jika penyebab masalah ini sudah diketahui, niscaya solusinya pun akan Anda dapatkan dengan mudah.

Penyebab Telur Ciblek Tidak Menetas dan Cara Mengatasinya
Berikut adalah beberapa penyebab mengapa telur burung tidak menetas, dan cara mengatasinya:

1. Telur dalam kondisi infertil
Kondisi infertil ialah kondisi dimana telur tidak subur. Bisa saja telur tersebut tidak dibuahi. Penyebabnya, bisa karena indukan tidak produktif atau karena proses kawin yang tidak maksimal. Solusinya, sebelum proses perkawinan, pastikan untuk memilih indukan yang berkualitas. Entah itu jantan atau betina, keduanya harus sama-sama berkualitas baik.

2. Suhu yang teramat panas atau teramat dingin
Kondisi suhu atau cuaca bisa sangat memengaruhi produktivitas telur. Saat kondisi cuaca normal, teur bisa maksimal dalam menetas. Tapi sebaliknya, jika terlalu panas atau dingin, indukan akan enggan untuk mengeram, dan telur pun akan sulit untuk menetas. Solusinya, tempatkan sangkar burung di tempat yang nyaman dan ideal sebelum dilangsungkannya proses pengeraman.

3. Indukan kurang mendapat asupan vitamin
Penyebab telur Ciblek tidak menetas ini terkadang jarang disadari pemiliknya. Padahal, kualitas vitamin akan sangat memengaruhi produktivitas indukan. Semakin asupan vitaminnya cukup, maka produktivitas burung pun akan semakin baik. Untuk menghindari kondisi telur yang tidak menetas, pastikan indukan burung mendapat asupan vitamin yang cukup.

4. Gangguan predator dan serangga
Tidak selamanya penyebab telur gagal menetas itu karena kondisi faktor dari dalam. Ada beberapa kondisi yang menyebabnya telur tidak menetas, salah satunya adalah akibat dari gangguan predator. Jika sudah begini, maka tempatkan sangkar burung di tempat yang ideal dan terhindar dari jangkauan predator.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan telur tidak menetas. Jika Anda bertanya penyebab telur Ciblek tidak menetas? Cara mengatasinya pun mudah dan sudah tertera di atas. Jadi, jika Anda menghadapi kondisi yang sama, Anda bisa lakukan penanganan dengan cara-cara seperti di atas.