Cara Mengatasi Kaki Ciblek yang Bengkak Karena Digigit Nyamuk

Advertisement
Advertisement
Nyamuk memang menjadi masalah yang cukup serius bagi pecinta Burung Ciblek. Tidak hanya karena mengganggu karena tidur, tapi juga mengganggu kesehatan burung. Saat burung sedan digantang atau istirahat, terkadang nyamuk sering mengerubutinya. Jika hanya mengerubuti mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi bagaimana jika nyamuk tersebut menggigiti burung dan membuatnya jadi bengkak?

kaki ciblek bengkak

Kejadian ini memang kerap terjadi, apalagi pada kaki burung. Saat burung sedang digantang atau istirahat, terkadang nyamuk-nyamuk ini mengerubungi dan menggigiti kaki burung. Walhasil, kaki burung jadi bengkak dan jalannya pun pincang.

Namun, cara mengatasi kaki Ciblek yang bengkak karena digigit nyamuk itu mudah dilakukan. Jadi, jika burung Anda kakinya bengkak dan itu disinyalir karena gigitan nyamuk, maka segeralah lakukan tindakan penangan dengan melakukan tindakan-tindakan seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Kaki Burung Ciblek yang Bengkak Akibat Gigitan Nyamuk
Berikut adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan jika kaki burung Anda bengkak akibat gigitan nyamuk:
1. Pertama, siapkan air hangat dengan temperatur yang pas, tidak terlalu panas dan dingin. Idealnya, air ini adalah air dengan suhu hangat kuku.
2. Kemudian campurkan beberapa gram garam pada air hangat tadi, lalu aduk hingga garam tercampur dengan air.
3. Sesudah itu, masukan kaki burung ke dalam air. Lakukan dengan perlahan agar burung tetap tenang dan rileks saat diberikan perawatan ini.
4. Lalukanlah cara ini minimal 10 menit per hari. Untuk hasil yang baik, lakukan cara ini setidaknya 3 hari berturut-turut.

Namun, ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, daripada Anda melakukan cara mengatasi kaki Ciblek yang bengkak seperti di atas, lebih baik Anda lakukan tindakan pencegahan dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara Mencegah Kaki Burung yang Bengkak Akibat Gigitan Serangga
Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kaki burung yang bengkak akibat gigitan serangga:
1. Tempatkan burung ditempat yang aman. Tidak terjangkau semut, serangga, atau pun binatang lain yang dapat membahayakan burung, termasuk membuat kakinya benkak.
2. Segera bersihkan makanan yang berserakan di sangkar burung. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan sangkar dari jangkauan semut akibat pakan yang tumpah atau berserakan.
3. Bersihkan sangkar secara rutin dan teratur.
4. Kalau perlu, berikan desinfektan untuk sangkar agar tetap bersih dan bebas dari kuman dan bakteri.

Itulah beberapa cara mencegah dan mengatasi kaki burung yang bengkak akibat gigitan nyamuk. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menghindarkan burung dari kondisi ini. Tapi perlu Anda ingat. Cara ini sebaiknya diimbangi dengan kondisi dan situasi lingkungan yang aman dan jauh dari jangkauan semut atau pun serangga lainnya.