Cara Mengatasi Ciblek yang Tiba-Tiba Lumpuh

Advertisement
Advertisement
Kelumpuhan pada Burung Ciblek memang tidak jarang terjadi. Kendati kejadian ini sering dialami, hanya sedikit saja orang yang tahu dan paham tentang cara penanganan akan hal ini. Alasannya beragam. Ada yang tidak tahu, tidak mengerti penanganan yang tepat, sampai ada yang acuh tak acuh akan kondisi ini.

ciblek lumpuh

Kondisi ini memang tidak merenggut nyawa burung. Tapi jika dibiarkan lebih lanjut, kondisi burung akan semakin buruk, bahkan bisa berujung pada kelumpuhan permanen. Jika sudah begini, siapa yang repot dan merugi? Pastilah Anda selaku pemilik dan orang yang merawat burung tersebut.

Pada dasarnya, penyebab dari gangguan kesehatan ini ialah Anemia atau kurangnya hemoglobin dalam darah burung. Maka dari itu, cara mengatasi Ciblek yang tiba-tiba lumpuh ini pun dapat dilakukan dengan memperbaiki asupan vitamin B, protein, dan zat besi yang menunjang pembentukan hemoglobin dalam darah burung, lalu dilanjutkan dengan penanganan anemia itu sendiri.

Sedangkan untuk penanganan selengkapnya, berikut ulasannya:

Penanganan awal
Sesuai yang disampaikan di atas. Penanganan awal ini difokuskan pada penanganan anemia yang diderita burung. Dengan cara ini, kondisi burung akan lebih membaik dan kelumpuhannya pun akan perlahan pulih. Penanganan ini pun dapat dilakukan dengan cara yang mudah, murah, dan pastinya praktis. Sehingga Anda pun bisa melakukan penanganan ini dengan maksimal.

Berikut adalah cara awal untuk mengatasi Ciblek yang tiba-tiba:
1. Pertama, rehabilitasi burung ke sangkar yang lebih nyaman, tenang, dan terhindar dari gangguan serangga atau pun lingkungan.
2. Berikan asupan multivitamin dengan kandungan vitamin B dan B Komplek secara teratur dan cukup.
3. Jangan lupa untuk memberikan pakan yang cukup, bisa dengan metode normal atau injeksi, tergantung kondisi dan nafsu makan si burung.
4. Hindari kontak kontak langsung dengan burung, termasuk menyentuhkan.
5. Bila perlu, hentikan dulu aktivitas perawatan rutin yang biasa dilakukan.

Perawatan susulan
Perawatan susulan sendiri merupakan perawatan yang baik dilakukan saat kondisi kesehatan burung sudah pulih. Kendati tidak wajib. Namun, cara ini baiknya dilakukan setelah menerapkan cara mengatasi Burung Ciblek yang tiba-tiba lumpuh di atas. Karena selain baik untuk kondisi burung, perawatan ini pun akan membantu burung sembuh lebih cepat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan dalam metode perawatan yang satu ini:
1. Tetaplah optimalkan pemberian multivitamin pada burung, terutama multivitamin yang mengandung vitamin B dan B komplek.
2. Jika kondisi burung sudah lumayan pulih, hentikan pemberian pakan dengan metode injeksi. Biarkan burung makan sendiri untuk melatih naluri dan kebiasaannya.
3. Jaga asupan nutrisi untuk burung, terlebih lagi vitamin, protein, zat besi, dan beragam nutrisi lainnya.

Sebaiknya perawatan lanjutan dilakukan saat kondisi burung sudah cukup pulih. Tapi sebaliknya. Jika kondisi burung masih belum pulih, sangat dianjurkan untuk menerapkan cara mengatasi Burung Ciblek yang tiba-tiba lumpuh di atas.