Cara Memasang Cincin (Ring) pada Kaki Ciblek

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek merupakan burung yang cukup berprestasi. Kualitasnya di atas kontes membuat banyak orang yang menggunakan burung ini jadi peliharaan, dan beberapa di antaranya menjadikan burung ini menjadi burung kontes. Karena alasan tersebut, tidak jarang dari mereka yang melakukan perawatan ekstra dan super ketat untuk burung mereka. Dan hasilnya, tentu saja burung-burung itu pun menang kontes.

memasang ring ciblek, ring ciblek

Namun ada yang unik dari sebuah kontes burung, entah itu latber atau kontes umum. Ya, cincin yang dikenakan burung. Cincin tersebut biasanya digunakan sebagai pengenal dari seorang pemilik. Jadi, apabila Anda melihat beberapa burung dengan karakter dan cincin yang sama, itu berarti pemilik dan pelatih burungnya juga sama.

Tapi, tidak semua burung bisa dipasangi cincin. Karena umumnya, cara memasang cincin/ring pada kaki Ciblek hanyalah dilakukan pada burung yang masih anakan. Alasannya, kaki anakan burung cenderung lebih lentur, jadi sangat pas untuk dipasangi cincin atau pun ring.

Tapi harus diingat, kaki mereka juga masih rapuh dan mudah patah. Jadi, selain Anda harus hati-hati dalam memang cincin, Anda pun harus memperhatikan kaki burung yang sedang Anda pegang. Pastikan kaki burung nyaman saat Anda pegang.

Karena jika tidak, kaki burung akan selalu gerak-gerak,  pemasangan cincin akan terganggu. Dan yang lebih parahnya lagi, saat pemasangan ini tidak berjalan dengan baik, kaki burung pun bisa saja keseleo atau patah.

Cara Memasang Cincin Pada Kaki Ciblek yang Mudah dan Aman
Berikut adalah cara-cara yang harus dilakukan untuk memasangkan cincin pada kaki burung anakan:
1. Siapkan cincin dengan ukuran yang pas dan minyak.
2. Setelah itu, ambillah burung yang masih berusia muda, yaitu sekitar 5 – 10 hari.
3. Kemudian lumasi kaki burung dengan minyak pelicin secara merata.
4. Sesudah itu, masukan cincin pada kaki burung.
5. Mulailah dengan mamasukan cincin ke 3 jari burung terdepan. Sedangkan jari yang satunya Anda tekuk ke atas, atau ke batang kaki.
6. Masukan ring tersebut secara perlahan. Pastikan  burung nyaman saat Anda lakukan hal ini.
7. Teruslah tarik cincin tersebut sampai ke atas kaki. Jika tersendat, olesi kaki dan cincin dengan minyak, lalu lanjutkan kembali.
8. Jika cincin sudah sampai di atas kaki burung, Anda bisa kembalikan posisi semua kaki burung ke posisi semula.

Cara memasang cincin/ring pada kaki Ciblek ini baiknya dilakukan saat kondisi burung sedang tenang. Jika kondisi belum tenang, sebaiknya hindari kegiatan ini, karena sangat beresiko untuk keamanan dan kesehatan burung.