Manfaat Cacing Untuk Burung Kenari

Advertisement
Advertisement
Burung kenari kini menjadi burung primadona di negeri ini, mengingat bahwa penggemar burung kenari (kenarimania) sangatlah banyak. Banyak hal yang menjadikan kenari sangat populer di Indonesia, bahkan tidak hanya di Indonesia saja, kenari juga namanya sangat mendunia dan telah lama dikembangbiakkan mulai dari benua Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia. Jadi, kepopuleran burung kenari tidak bisa dipugkiri.

cacing untuk kenari

Awal mulanya kenari berasal dari negara Spanyol, yaitu di pulau Canary, dan di pulau tersebut terdapat banyak burung kenari, dan yang menemukan adalah pelayar yang berasal dari negara Perancis. Kemudian kenari dipromosikan atau dipopulerkan dan dikembangbiakkan hingga menghasilkan beragam jenis kenari terbaik. Selanjutnya kenari-kenari terbaik disilangkan dengan kenari-kenari terbaik yang berasal dari negara lain, seperti: Inggris, Rusia, Jerman, Belgia, dan lain sebagainya.

Nah, jika berbicara tentan keistimewaan burung kenari, maka tentunya ada banyak, mulai dari jenis kenari yang beragam (kenari lokal maupun impor), postur kenari yang unik disetiap jenisnya, warna yang bervariasi, serta suara kicauan yang merdu dan berkualitas. Kenari merupakan salah satu burung kicau yang diunggulkan karena suaranya (download: suara kenari), suaranya yang lembut membuat burung ini diminati banyak orang, apalagi kenari yang sudah gacor, tentu akan dihargai sangat mahal sekali.

Burung kenari termasuk burung kicau yang perawatannya cukup mudah dan cukup sulit, mengapa? ya karena kenari terdapat beragam jenis yang masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda, apalagi kenari jenis impor yang tentunya perawatannya lebih sulit dibandingkan dengan kenari lokal. Selain harus menyesuaikan kondisi cuaca di negeri ini, juga tentu dalam hal pemilihan pakan juga harus benar-benar tepat. Ada banyak pakan favorit burung kenari, mulai dari canary seed, biji niger, biji fumayin, dan lain sebagainya. Dan pernah juga kami bahas mengenai pakan kenari supaya gacor, mungkin itu cukup bermanfaat buat sobat yang menginginkan supaya kenarinya menjadi sehat dan senang gacor.

Ada salah satu binatang yang juga memiliki manfaat yang bagus untuk dijadikan sebagai pakan ramuan burung kenari, yaitu Cacing. Bagi sebagian besar manusia, cacing merupakan binatang yang menjijikkan, tetapi perlu anda tahu bahwa kini banyak juga yang menggunakan cacing sebagai obat penyakit tipes, terutama bagian medis yang telah meramu cacing sebagai obat. Bukan berarti kita harus memakan cacing, namun ada cara-cara tertentu untuk pengolahan cacing. Sedangkan untuk burung kenari, cacing bisa langsung diberikan tanpa pengolahan, dan akan kami berikan sedikit caranya untuk sobat yang tertarik memberikan cacing untuk kenari kesayangan anda.

Sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu apa saja manfaat cacing bagi kesehatan burung kenari. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:
  • Cacing sangat bagus untuk kesehatan indukan betina yang baru menetas dan membesarkan anakannya.
  • Cacing juga dapat menjadikan stamina burung menjadi lebih fit dan agar tampil prima, maka tak heran bila banyak yang memberikan cacing untuk burung kontes.
  • Cacing juga dapat memancing atau memicu suara burung menjadi lebih jernih dan bagus.

Jika melihat beberapa manfaat cacing di atas, maka harus tahu cara memberikan cacing yang tepat untuk burung kenari kesayangan. Dan cara pemberiannya juga harus disesuaikan dengan manfaat di atas, berikut selengkapnya:
  • Untuk kenari indukan betina, cara pemberiannya adalah dengan menjemurnya terlebih dahulu sampai benar-benar kering, kemudian dilembutkan atau dijadikan tepung. Lalu, campur bubuk cacing tersebut dengan tepung roti mapun tepung jagung, dan tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata. Sehingga terlihat seperti lumatan atau bubur, nah berikan lumatan tersebut pada kenari.
  • Untuk kenari konstes dan agar suara kenari menjadi bening, maka lakukan prosesnya seperti cara di atas, yaitu dijemur hingga kering, lembutkan, kemudian campurkan dengan pakan yang berupa biji-bijian. Lalu tambahkan madu dan kuning telur, ini akan menjadi ramuan yang sangat ampuh untuk kenari kontes.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat cacing bagi burung kenari lengkap dengan cara pemberiannya, semoga sedikit tips dari kami ini dapat berguna buat sobat kenarimania khususnya. Yang teroenting adalah memebrikan perawatan terbaik secara rutin setiap hari, mulai dari memberikan makanan favorit terbaik, memandikan, melakukan penjemuran, dan mememasternya.