Burung Rambatan (Munguk Beledu)

Advertisement
Advertisement
Burung rambatan adalah salah satu jenis burung kicau yang cukup digemari oleh sebagian besar kicaumania di Indonesia. Burung rambatan yang juga banyak dikenal dengan sebutan "munguk beledeu" ini memiliki suara-suara crecetan yang unik dan berkarakter. Mengapa kok disebut rambatan? karena burung ini sering kali merambati pohon-pohon untuk mencari pakan favoritnya. Adapun pakan yang menjadi favoritnya adalah serangga. Burung ini doyan juga dengan pakan voer.

burung rambatan

Tahukah anda bahwa burung rambatan tergolong dalam keluarga Sittidae, dan umumnya ada 4 jenis burung kicau yang masih tergabung dalam keluarga tersebut, diantaranya ialah: munguk beledu (burung rambatan), munguk loreng, sitella hitam, dan sitella papua. Burung rambatan hidupnya mirip denga gaya hidup burung pelatuk.

Burung rambatan selain model fisiknya yang menawan dan unik, juga suara crecetannya sangat tajam, tembakannya yang nyaring, inilah yang menjadikannya nampak favorit di mata kicaumania. Banyak yang menjadikan suaranya sebagai suara master untuk pelatihan burung kicau. Kelebihan lainnya adalah perawatannya yang mudah, selain karena mudah beradaptasi juga pakan yang mudah didapatkan.

Burung rambatan juga terkenal dengan karakternya yang sangat agresif, sangat giras dan lincah. Meskipun begitu, tetap burung ini adalah burung yang gampang beradapatasi dengan lingkungan, sehingga tak butuh waktu lama untuk mendengarkannya aktif berkicau. Suara kicauannya yang tajam sangat bagus bila dimasterkan pada burung murai batu, cucak ijo, anis kembang, pleci, kacer, dan lain-lain.

Uniknya, suara burung rambatan juga sering kali digunakan oleh sobat kicaumania untuk memancing suara burung pelci yang tidak keluar, dengan diperdengarkan suara rambatan, maka burung pleci yang malas tersebut secara perlahan turut menyahuti kicauan rambatan. Jadi, sangat bermanfaat sekali bukan, selain untuk masteran burung kicau agar bisa menirukan suaranya, juga untuk memancing agar burung mau berkicau.

Harga burung rambatan cukup terjangkau, yang masih anakan sekitar Rp.60.000, sedangkan rambakan dewasa harganya sekitar Rp.150.000 sampai Rp.250.000. Cari di pasar burung di kota anda, biasanya burung ini harganya disesuaikan dengan stok, sulit mudahnya mendapatkan pasokan burung jenis ini.

Demikianlah sedikit informasi mengenai burung rambatan yang dapat kami sajikan kepada sobat kicaumania, semoga ada guna dari pembahasan kali ini, minimal sobat telah mengenal dan mengetahui burung rambakan.