Ciri-Ciri Anis Cendana (Punglor Cendana)

Advertisement
Advertisement
Anis cendana cukup unik, dan patut kita kulas informasi mengenai burung anis jenis yang satu ini. Tahukah anda bahwa burung anis cendana merupakan anis yang berasal dari pulau nusa tenggara, tepatnya di Flores. Ya memang anis jenis ini paling banyak di temukan di Flores dan Timur Timur atau Timur Leste. Anis cendana ini memiliki nama lain dengan sitilah zoothera peroni, dan termasuk salah satu anis patut diperhitungkan.

anis cendana

Pada awalnya, anis cendana ini dianggap sebagai anis yang biasa tanpa ciri khas yang istimewa, karena tampilan fisiknya hampir mirip dengan anis kayu atau anis kening. Namun, setelah mendengarkan suara kicauan burung ini, maka sebagian besar kicau mania pun mengakui keunggulan anis ini, terutama dari segi suara, yaitu suaranya sangat istimewa.

Karena keistimewaan suara yang dimiliki anis cendana, maka menjadikan namanya melambung tinggi di pasaran, sehingga harganya pun turut naik. Karena kepopulerannya pada saat itu, menjadikannya masuk di jajaran jenis anis lainnya yang fenomenal, seperti anis merah dan anis kembang.

Bila dilihat sekilas, dari segi posturnya, anis cendana mirip dengan anis macan dan anis merah, dan banyak penangkar anis yang menganggap bahwa anis ini merupakan hasil persilangan antara anis merah dengan anis macan. Maka, tak heran bila anis cendana pun turut terkenal dan menjadikannya sebagai burung kicau yang disegani, dan suaranya menjadi buruan sebagai bahan masteran.

Anis cendana memiliki suara yang bagus, selain itu juga volumenya yang lantang. Namun, meski memiliki kelebihan dalam hal suara, namun tak sedikit kicaumania yang mengaggap bahwa penampilan anis cendana ini kurang menarik ketika di lapangan, terutama posisinya yang terlihat sering nungging, jadi dianggap kurang tegas.

Adapun ciri-ciri umum burung anis cendana adalah sebagai berikut:
  • Tubuh dari kepala, dada, hingga perut berwarna merah terang.
  • Bagian punggung, sayap, hingga ekor berwarna ungu kebiruan.
  • Terdapat sedikit warna putih di ujung sayapnya.
  • Sorot matanya tajam, berwarna hitam legam.
  • Pipi berwarna putih disertai garis-garis hitam vertikal.
  • Paruh berwarna ungu agak gelap.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai ciri burung anis cendana yang sempat fenomena di masanya, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan buat sobat kicaumania yang mungkin belum mengetahuinya.